facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dinilai Berhasil Pimpin Jakarta, Pakar: Banyak Kebijakan Anies Baswedan Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat

Andi Ahmad S Kamis, 23 Juni 2022 | 12:57 WIB

Dinilai Berhasil Pimpin Jakarta, Pakar: Banyak Kebijakan Anies Baswedan Dirasakan Manfaatnya Oleh Masyarakat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Suara.com/Fakhri)

Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute, Achmad Nur Hidayat mengatakan, bahwa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai sangat berhasil.

SuaraBekaci.id - Nama Anies Baswedan muncul untuk menjadi bakal calon Presiden 2024 di Partai NasDem. Tidak hanya Anies, ada juga Andika Perkasa dan Ganjar Pranowo, yang ditunjuk oleh partai besutan Surya Paloh tersebut.

Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute, Achmad Nur Hidayat mengatakan, bahwa kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai sangat berhasil.

Meski kata dia, semenjak awal menjabat sosok Anies Baswedan memang tak pernah surut dari gelombang pro-kontra terkait kebijakan yang dibuatnya.

“Sejak tahun pertama memimpin ibukota kebijakan-kebijakannya tak pernah sepi dari hingar bingar baik pihak yang pro maupun kontra,” ujar Achmad mengutip dari wartaekonomi.co.id -jaringan Suara.com, Kamis (23/6/22).

Baca Juga: Megawati akan Umumkan Nama Capres yang Diusung di Penutupan Rakernas? Sekjen PDIP Bicara Element of Suprise

Kepemimpinan Anies pun bukannya tanpa 'batu terjal'. Achmad menyinggung posisi Wakil Gubernur DKI Jakarta yang ditempati Sandiaga Uno, namun karena Sandi maju sebagai Cawapres Prabowo Subianto, akhirnya Anies ditanggalkan 'sendirian'. Kini posisi terebut diisi oleh Ahmad Riza Patria.

Meski demikian, dalam rentang satu periode menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Anies dianggap berhasil terutama berkaitan dengan kebijakan dan program untuk masyarakat.

“Banyak kebijakan dan program yang dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Jakarta. Diantaranya membuat operasi operasi pasar murah bagi warga Jakarta, membuat Food Station perusahaan yang menjual produk sembako dengan harga yang relatif terjangkau, JakLingko integrasi transportasi murah bagi warga DKI yang dihubungkan dengan TransJakarta,” ujar Achmad.

Belum lagi soal pembangunan ikonik Jakarta Intenational Stadium (JIS) dan Penyelenggaraan Formula E. Atas dasar itu, Achmad menyebut bahwa Anies menjadi salah satu calon presiden kuat di 2024.

Hal ini dikuatkan lagi dengan track record Anies yang dianggap sebagai sosok yang cerdas bahkan sebelum dirinya menjadi seorang Gubernur.

Baca Juga: Disebut Dalam Pertemuan NasDem dan PKS, Anies Baswedan Jadi Bakal Capres?

“Track Record Anies Baswedan sebagai figur politisi muslim yang cerdas dan santun,baik sebagai rektor Paramadina, menginisiasi program Indonesia Mengajar sampai kemudian menjadi Menteri Pendidikan dan Menjadi Gubernur DKI Jakarta menjadikan Anies figur yang kuat dan potensial menjadi capres bahkan presiden di 2024 mendatang,” ujar Achmad.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait