facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nasib Pemain Keturunan yang Diharapkan Jadi Bintang Timnas Indonesia: Ada yang Jadi Satpam hingga Hilang Tanpa Jejak

Galih Prasetyo Rabu, 22 Juni 2022 | 10:27 WIB

Nasib Pemain Keturunan yang Diharapkan Jadi Bintang Timnas Indonesia: Ada yang Jadi Satpam hingga Hilang Tanpa Jejak
Tonnie Cusell bersama Diego Michiels (@cuselltonnie)

Ada yang berhasil, namun banyak juga yang kemudian malah tak jelas rimbanya.

SuaraBekaci.id - Pemain keturunan kembali jadi perhatian sepak bola nasional. Seperti mengulang era-era sebelumnya, PSSI kembali menempatkan para pemain keturunan sebagai harapan untuk timnas Indonesia.

Ini bukan langkah pertama yang dilakukan PSSI untuk mengandalkan pemain keturunan di skuat Merah Putih. Demam pemain keturunan juga sempat dialami sepak bola Indonesia beberapa tahun lalu.

Jauh sebelum era Sandy Walsh dan Jim Croque, publik sepak bola Indonesia juga dibuat terkesima dengan kehadiran pemain berdarah Indonesia di luar negeri.

Seperti saat ini, mayoritas pemain itu berkarier di Belanda. Ada yang berhasil, namun banyak juga yang kemudian malah tak jelas rimbanya.

Baca Juga: Sebut Performa Timnas Sangat Baik, Shin Tae-yong Targetkan Juara Piala AFF 2022

Ruben Wuarbanaran

Sejumlah pemain keturunan yang tak jelas rimbanya ialah Ruben Wuarbanaran. Ruben di periode 2011 sempat beberapa kali datang ke Indonesia, sama seperti Jim Croque dkk untuk ikut sesi latihan timnas

Saat itu, Ruben di-plot untuk ikut latihan bersama Timnas U-23 Indonesia yang dilatih Alfred Riedl. Empat kali Ruben mengikuti sesi latihan timnas namun kemudian tak berbuah manis.

Ruben tak masuk skuat timnas Indonesia. Meski begitu, ia sempat ditawari untuk bermain di Pelita Jaya. Berharap kariernya lebih baik, Ruben tinggalkan Belanda dan membela Pelita Jaya.

Sayangnya karier Ruben kemudian tak pernah mencapai titik istimewa. Padahal saat kedatangannya ke Indonesia, ia diharapkan jadi bintang timnas Indonesia.

Baca Juga: Banyak Dihuni Pemain-pemain Bagus, Kai Boham Tak Sabar Bisa Perkuat Timnas Indonesia

Agutus 2011, Ruben mendapat status WNI. Namun saat kembali Ruben gagal membela timnas U-23 Indonesia, saat seleksi namanya dicoret oleh Rahmad Darmawan sebagai pelatih.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait