facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Street Race di Bekasi Dipuji Rifat Sungkar: Biasanya Dikejar Polisi, Kini Dirangkul

Galih Prasetyo Sabtu, 18 Juni 2022 | 10:04 WIB

Street Race di Bekasi Dipuji Rifat Sungkar: Biasanya Dikejar Polisi, Kini Dirangkul
Setelah Fastron Enduro Street Race 2022 sukses digelar di BSD, Tangerang Selatan pada 22–24 April, kini siap hadir di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat, 18-19 Juni [PTPL].

"Karena selama ini balapan dianggap sebagai masalah sosial, tapi tidak ada solusi,"

SuaraBekaci.id - Mantan pembalap nasional yang juga Wakil Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Rifat Sungkar menilai ajang street race bukan hanya sekadar balapan, namun lebih dari itu yakni produk revolusi mental yang dihasilkan kepolisian.

"Sejujurnya ini bukan balapan, tapi ini adalah revolusi mental, jadi ajang ini adalah investasi terbaik, hubungan kerja sama yang terbaik antara kepolisian dan teman-teman yang suka kecepatan. Yang biasanya polisi mengejar mereka, sekarang malah dirangkul dan difasilitasi," kata Rifat.

Ditegaskan oleh Rifat Sungkar, sreet race juga berperan penting dalam pembentukan moral anak-anak bangsa dan pencinta dunia balap yang kerap terbelenggu aturan lalu lintas ketika mengaspal secara liar di jalanan.

"Nah sejak Pak Fadil (Kapolda Metro Jaya) di sini, beliau punya pola pikir yang berbeda, didukung Pak Sambodo, jadi kami kerja sama dengan stakeholder (pemangku kepentingan) yang berbeda-beda,"

Baca Juga: Hari Ini, 350 Pembalap Bakal Adu Cepat di Meikarta Street Race

"Ini semua karena kami punya konsep untuk bisa menyelamatkan masa depan bangsa dengan cara memberikan fasilitas kepada mereka pecinta kecepatan," tambahnya.

Rifat mengapresiasi kepolisian yang telah memfasilitasi penyelenggaraan yang digelar di tiga tempat berbeda ini. Street race berperan penting untuk menurunkan angka balap liar yang kerap dianggap sebagai masalah sosial di berbagai daerah.

"Karena selama ini balapan dianggap sebagai masalah sosial, tapi tidak ada solusi. Tujuan Polda Metro Jaya menggelar acara ini kan memang merangkul pembalap jalanan untuk difasilitasi," ucapnya.

Sementara itu, sebanyak 350 pembalap bakal adu cepat di ajang balap jalanan resmi (street race) yang digelar Polda Metro Jaya di Central Park Meikarta, Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi pada hari ini, Sabtu (18/6).

Menurut Kasatlantas Polres Metro Bekasi Komisaris Arga Dija Putra, hingga Jumat (17/6) lalu sudah ada 350 peserta yang mendaftar.

Baca Juga: Fastron Enduro Street Race 2022 Berlanjut di Cikarang

"Kalau persiapan tinggal menyisakan beberapa bagian saja, secara keseluruhan kami sudah ready menggelar event ini," ucapnya. [ANTARA]

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait