facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Thailand Punya Madam Pang, Laos Miliki Madam Bo yang Dijuluki Dewi Sepak Bola, Cantik dan Berbakat

Galih Prasetyo Selasa, 10 Mei 2022 | 21:38 WIB

Thailand Punya Madam Pang, Laos Miliki Madam Bo yang Dijuluki Dewi Sepak Bola, Cantik dan Berbakat
Pijika Bunkwang alias Madam Bo dari Laos (thethao247)

Sosok Madam Pang saat ini memiliki saingan. Ia adalah Madam Bo, panggilan akrab dari Pijika Bunkwang.

SuaraBekaci.id - Thailand selama ini dikenal memiliki manajer timnas sepak bola yang menyita perhatian, ia adalah Madam Pang. Namun sosok Madam Pang saat ini memiliki saingan. Ia adalah Madam Bo, panggilan akrab dari Pijika Bunkwang.

Namun berbeda dengan Madam Pang yang mengurus timnas Thailand, Madam Bo saat ini tengah pensiun dini di sepak bola. Namun menariknya, sosok Madam Bo ini jadi sorotan media Vietnam selama perhelatan SEA Games 2021.

Salah satu media Vietnam, Kenh14.vn, mengangkat sosok Madam Bo ini sebagai perempuan yang dijuluki sebagai Dewi Sepak Bola Laos.

"Kita semua terkejut dengan kebangkitan sepak bola Laos. Ini adalah hasil reformasi komprehensif yang dilakukan federasi sepak bola Laos dan orang-orang yang terlibat di dalamnya, salah satunya adalah Pijika Bunkwang," tulis media Vietnam tersebut.

Baca Juga: Termasuk Striker Chelsea, Madam Pang Bujuk 5 Pemain Eropa Demi Bela Timnas Thailand U-23

Pijika Bunkwang alias Madam Bo dari Laos (thethao247)
Pijika Bunkwang alias Madam Bo dari Laos (thethao247)

Saat kompetisi sepak bola Laos atau Lao Premier League di kondisi sulit, kehadiran dari Madam Bo membawa angin segar. Perempuan yang juga fan Liverpool ini bertekad membawa perubahan untuk sepak bola Laos.

Ia lalu membentuk klub sepak bola wanita Laos pertama, Vientiane United. Namun pada 2019, ia harus berselisih dengan manajemen yang membuatnya pensiun sementara dari sepak bola.

Sebagai sosok yang cinta sepak bola, Madam Bo tak main-main memberikan perhatian. Ia rela gelontorkan dana besar untuk kemajuan sepak bola Laos.

Madam Bo bak Indra Sjafri di Indonesia yang mencari bakat muda sepak bola hingga ke daerah pedalaman. Salah satu bakat sepak bola yang ia temukan adalah Khampan Duangwilai, salah satu pemain andalan tim putri Laos.

Pada Februari 2022 lalu, Madam Bo jadi perhatian karena memberikan iming-iming uang besar kepada pemain timnas Laos jika mampu kalahkan Thailand di babak semifinal Piala AFF.

Baca Juga: Resmi Miliki Persikota, Prilly Latuconsina Disamakan dengan Madam Pang, Manajer Timnas Thailand

Saat ini, Madam Bo memang tidak banyak berkecimpung di sepak bola Laos. Namun ia masih aktif di sepak bola Laos. Ia saat ini aktif di federasi binaraga nasional Laos bersama suaminya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait