facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Didominasi Emak-emak, Relawan Sahabat RK Dukung Ridwan Kamil Jadi Calon Presiden

Ari Syahril Ramadhan Minggu, 03 April 2022 | 17:15 WIB

Didominasi Emak-emak, Relawan Sahabat RK Dukung Ridwan Kamil Jadi Calon Presiden
Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil (kanan) saat mengunjungi operasi pasar minyak goreng di halaman kampus Institut Pertanian Bogor, Kota Bogor, Kamis (24/3/2022). [ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar]

Menurut Dwi, para deklarator Ridwan Kamil di Kabupaten Demak ini didominasi pedagang perempuan dan selama ini mereka merasa kesulitan dalam mengakses permodalan.

SuaraBekaci.id - Ridwan Kamil mendapat dukungan untuk maju sebagai calon presiden di Pilres 2024 dari relawan yang tergabung dalam Komunitas Sahabat RK Semarang, Banjarnegara, dan Demak, Jawa Tengah (Jateng).

"Kami ingin presiden selanjutnya yang memiliki konsep ekonomi kerakyatan," kata Ketua Sahabat RK Semarang Dewi Rere Stevany dikutip dari Antara, Minggu (3/4/2022).

Relawan Sahabat RK didominasi oleh kaum emak-emak, kata Rere, dan mereka berharap adanya perbaikan pembangunan pada sosok Ridwan Kamil jika terpilih nanti, khususnya dalam sektor ekonomi dan kesehatan.

Pihaknya meyakini Ridwan Kamil merupakan pemimpin yang memiliki keberpihakan terhadap ekonomi lokal.

Hal itu, kata dia, terbukti ketika mantan Wali Kota Bandung itu mempromosikan produk-produk lokal hingga ke mancanegara.

"Saya baca di berita, Kang Emil sampai membuka toko-toko di luar negeri untuk menjual produk-produk khas Bandung dan Jawa Barat," ujarnya pula.

Menurut dia, upaya seperti ini harus terus dilakukan oleh pemimpin.

"Pejabat harus punya political will agar produk lokalnya bisa laku," ujarnya.

Ketua Sahabat RK Kabupaten Demak Dwi Antariksa Megawati menuturkan pihaknya berinisiatif mendukung Ridwan Kamil, karena memiliki harapan yang tinggi terhadap Gubernur Jawa Barat tersebut.

"Sama seperti masyarakat yang lain, kami ingin perbaikan ekonomi," kata Dwi Antariksa.

Menurut Dwi, para deklarator Ridwan Kamil di Kabupaten Demak ini didominasi pedagang perempuan dan selama ini mereka merasa kesulitan dalam mengakses permodalan.

Akibatnya, kata dia, banyak di antara mereka yang terpaksa berhubungan dengan rentenir.

"Risikonya, bunga yang tinggi dengan masa pengembalian yang singkat," ujarnya lagi.

Selain itu, mereka pun mengeluhkan minimnya pendampingan, sehingga produk mereka kalah bersaing terutama oleh produk impor.

"Kami merasa berjalan sendirian, harus berjuang sendiri di tengah kondisi yang serba sulit ini," ujarnya lagi.

Ketua DPP Sahabat RK Muhamad Nurman mengaku dukungan terhadap Ridwan Kamil dari relawan di berbagai provinsi terus bermunculan.

"Saya hampir tiap hari menerima permintaan dari relawan-relawan yang ingin mendeklarasikan dukungan untuk Kang Emil," ujarnya.

Dirinya pun tidak menyangka sudah terdapat relawan Ridwan Kamil di Provinsi Jawa Tengah.

"Bagi saya cukup luar biasa, sudah ada relawan di tiga daerah di Jawa Tengah yang deklarasi dukung Kang Emil jadi presiden," ujarnya pula.

Sebelum di Semarang, Nurman menyebut deklarasi untuk mendukung Ridwan Kamil sudah dilakukan di Banjarnegara dan Demak.

"Rata-rata mereka mendukung Kang Emil jadi presiden agar pembangunan khususnya di bidang ekonomi bisa lebih baik lagi. Selain banyak juga yang meminta agar Kang Emil bisa menata daerah-daerahnya," kata dia lagi.

Baca Juga: Ada Takjil Gratis di Masjid Pusdai Bandung Selama Bulan Suci Ramadhan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait