facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sejarah Kocak Warna Baju Polisi India yang Ramai Disamakan dengan Seragam Satpam Indonesia

Galih Prasetyo Kamis, 03 Februari 2022 | 16:40 WIB

Sejarah Kocak Warna Baju Polisi India yang Ramai Disamakan dengan Seragam Satpam Indonesia
Personel Satuan Pengamanan (Satpam) dengan seragam barunya berbaris pada Upacara Hari Ulang Tahun ke-41 Satpam di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/2/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Sebenarnya warna baju polisi India sendiri 'khaki', yang berasal dari bahasa Urdu.

SuaraBekaci.id - Seragam satpam di Indonesia yang baru ramai dimiripkan oleh warganet dengan baju polisi India.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan menyebutkan, Upacara HUT Ke-41 Satpam itu sekaligus mengenalkan warna seragam baru satpam yang berganti dari warga cokelat muda menjadi warna krem.

“Iya betul, tanggal 2 Februari dikenalkan (seragam baru, Red),” kata Ramadhan.

Sebenarnya ucapan seragam satpam terbaru sama dengan baju polisi India tidaklah keliru. Hal ini lantaran baju polisi India memang berwarna senada.

Baca Juga: Ucapkan Imlek, Akun Instagram Kemkominfo Unggah Foto Cucu Menteri Kominfo, Warganet: Biar Kayak Jokowi?

Namun sebenarnya warna baju polisi India sendiri 'khaki', yang berasal dari bahasa Urdu. Khaki adalah sejenis kain cokelat muda, atau warna kain serupa jerami padi kering.

Warna khaki sendiri merupakan campuran warna kuning muda dan cokelat.

Ada cerita menarik dari warna baju polisi India ini. Dikutip dari zeenews.india, Kamis (3/2), sebenarnya awalnya warna baju polisi India adalah putih.

Seragam warna putih dikenakan polisi India saat negara itu masih dijajah oleh Inggris. Lantaran banyak dikeluhkan karena seragam putih cepat kotoh, akhirnya warna khaki dipilih menjadi seragam baru polisi India.

"Sebelum menggunakan warna Khaki, banyak polisi India tiap harinya harus mengecat putih warna seragam mereka untuk menghilangkan kotoran,"

Baca Juga: Terlalu Pedih Diselingkuhi Lalu Dicerai, Istri di Ponorogo Ini Robohkan Rumahnya, Warganet: Good Idea!

Nah warna Khaki sendiri sebenarnya dipilih karena tidak sengaja. Saat itu banyak petugas polisi India membuat pewarna dari air daun teh untuk menghilangkan debu dan noda.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait