alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tentang Nol Emisi Karbon dan Menyelamatkan Bumi

Lebrina Uneputty Rabu, 27 Oktober 2021 | 14:10 WIB

Tentang Nol Emisi Karbon dan Menyelamatkan Bumi
Ilustrasi emisi karbon dioksida dari industri (Shutterstock).

Solusi alami contohnya adalah menanam pohon, memulihkan tanah atau lahan basah.

SuaraBekaci.id - Sejumlah negara seperti Inggris dan Prancis telah menetapkan target nol emisi 2050 dalam undang-undang, sementara banyak negara lain dan perusahaan telah membuat kebijakan untuk mencapai target itu pada 2050.

Pemerintah Inggris pada Selasa menerbitkan Strategi Nol Bersih yang menurut Perdana Menteri Boris Johnson akan menempatkan negaranya di garda depan ekonomi hijau dan memaksa para pesaing seperti China dan Rusia untuk mengikuti jejaknya.

Namun, apa arti dari nol bersih atau nol emisi karbon? Apakah dunia sudah berada di jalur yang benar untuk memenuhi target Perjanjian Paris?

Apa arti nol bersih?

Nol bersih tidak berarti emisi karbon benar-benar akan menjadi nol, tapi upaya menyeimbangkan emisi gas rumah kaca yang tersisa dengan tindakan lain.

Meskipun banyak negara dan perusahaan berjanji akan mengurangi emisi sebanyak mungkin, itu artinya beberapa sektor diperkirakan masih akan melepaskan gas rumah kaca pada 2050.

Untuk mengimbanginya, para penghasil emisi mengandalkan tindakan pengurangan emisi di tempat lain atau menggunakan solusi alami atau teknologi untuk mencegah emisi mencapai atmosfer.

Solusi alami contohnya adalah menanam pohon, memulihkan tanah atau lahan basah.

Sedangkan teknologi dipakai untuk menangkap dan menyimpan CO2 ketika dibuang, atau menyedot karbon dari udara. Semuanya belum membuat perbedaan pada iklim karena penggunaannya masih relatif kecil.

Apakah pohon dan sertifikat berpengaruh?

Komentar

Berita Terkait