alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

4 Hari yang Diharamkan Berpuasa Beserta Penjelasannya

Lebrina Uneputty Sabtu, 23 Oktober 2021 | 19:15 WIB

4 Hari yang Diharamkan Berpuasa Beserta Penjelasannya
Ilustrasi puasa, muslim berdoa, niat puasa, makan dan doa buka puasa (Elemen Envato)

Puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan minum serta perbuatan yang bisa membatalkan puasa.

SuaraBekaci.id - Puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan minum serta perbuatan yang bisa membatalkan puasa.

Puasa juga merupakan ibadah yang sangat baik bagi kesehatan jiwa dan raga. Namun ada beberapa hari yang diharamkan berpuasa.

Melansir Harapanrakyat, berikut adalah hari yang Diharamkan Berpuasa dalam Islam serta penjelasannya.

1. Tanggal 1 Syawal

Untuk hari yang haram berpuasa pertama adalah ketika tanggal 1 Syawal. Pada tanggal tersebut, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Pada hari itu, tentu saja kita tak boleh berpuasa. Karena sudah satu bulan penuh kita berpuasa wajib atau Ramadhan.

Lantas, adanya Hari Raya Idul Fitri, seperti hari kemenangan bagi umat Muslim, mereka sudah mampu menahan nafsu demi mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Mengenai hal ini, Rasulullah SAW juga mengajarkan hal sama, yakni hendaknya kita makan makanan yang ada. Pasalnya, hari tersebut adalah hari kemenangan kita.

Dalam hadits riwayat Bukhari Muslim menjelaskan, “Dari Umar bin Khattab berkata, sungguh Rasulullah SAW itu melarang kita untuk berpuasa pada dua hari Raya, yakni Hari Raya Idul Fitri yang menyebabkan kamu berbuka puasa dan Idul Adha, yang mana kamu akan makan daging kurbanmu”.

Jadi, bukan hanya Idul Fitri saja yang menjadi hari diharamkan berpuasa. Akan tetapi, saat tanggal 10 Dzulhijjah atau tepatnya Idul Adha Qurban.

Komentar

Berita Terkait