alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Bromo Kebakaran, Belasan Hektar Hangus, Petugas Duga Ada Unsur Kesengajaan

Lebrina Uneputty Senin, 11 Oktober 2021 | 10:44 WIB

Bromo Kebakaran, Belasan Hektar Hangus, Petugas Duga Ada Unsur Kesengajaan
Kebakaran di lahan vegetasi kawasan Gunung Bromo, Jawa Timur. [FOTO: TNBTS for TIMES Indonesia]

Meliputi 10 hektar vegetasi di tebing dengan kemiringan 80 derajat. Serta 4 hektar di bawah puncak pondok kawat.

SuaraBekaci.id - Bromo kebakaran, belasan hektar lahan vegetasi di Tebing Barat Laut Pasir Bromo, Jawa Timur hangus dilalap api.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara petugas gabungan, kebakaran vegetasi di tebing barat Bromo ini diduga ada unsur kesengajaan dari oknum tidak bertanggung jawab.

Kebakaran ini menghanguskan 10 hektar vegetasi di tebing dan empat hektar vegetasi di dasar tebing.

Dimana lokasi itu terdapat vegetasi berupa cemara dan rumah bagi aneka burung liar yang hidup di kawasan Bromo. Kebakaran terjadi di dua wilayah. Yakni Kabupaten Pasuruan dan Probolinggo. 

“Dugaan sementara ini ada faktor kesengajaan. Sampai saat ini masih dalam penyelidikan,” kata Kepala Resort Laut Pasir TNBTS, Subur Hari Handoyo.

Kondisi di sekitar lereng Bromo saat ini cenderung kering dan berangin sehingga kemunculan titik api atau ‘hot spot’ bisa saja terjadi lagi.

Petugas menghimbau pada masyarakat, untuk tidak buang puntung rokok sembarangan.

Karena bisa memicu timbulnya kebakaran lahan. Jika terjadi kebakaran seperti kemarin, akan berpengaruh pada ekosistem yang ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini.

Baik di wilayah Probolinggo maupun Pasuruan, Lumajang dan Malang.

Melansir TimesIndonesia, data yang dihimpun, kebakaran hanguskan sekitar 14 hektar vegetasi di sekitar tebing barat Bromo.

Meliputi 10 hektar vegetasi di tebing dengan kemiringan 80 derajat. Serta 4 hektar di bawah puncak pondok kawat. Titik api pertama kali terdeteksi di kawasan Kabupaten Pasuruan.

Komentar

Berita Terkait