facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Teori Konspirasi Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Down Beredar

Lebrina Uneputty Selasa, 05 Oktober 2021 | 06:56 WIB

Teori Konspirasi Penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp Down Beredar
Ilustrasi teori konspirasi. [Shutterstock]

Teori konspirasi penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp down pun beredar di sosial media.

SuaraBekaci.id - Facebook,Instagram dan WhatsApp down atau offline sejak Senin (4/10/2021) malam sekira pukul 22:20 - hingga Selasa (5/10/2021) pagi ini sekira pukul 06:18WIB.

Warganet pun beramai-ramai pindah ke twitter sekedar untuk berbagi keluh kesah tentang offline nya platform populer itu. Teori konspirasi penyebab Facebook, Instagram dan WhatsApp down pun beredar di sosial media.

Status facebook Mark Zuckerberg yang menuliskan permohonan maaf atas gangguan. (Facebook)
Status facebook Mark Zuckerberg yang menuliskan permohonan maaf atas gangguan. (Facebook)

Menyadur Unilad.co.uk, saat facebook offline, perusahaan akan merilis pernyataan samar yang menyatakan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan perusahaan berusaha keras memperbaiki kendala yang terjadi.

Selama offline, banyak teori konspirasi mulai berseliweran di kalangan warganet. 

Beberapa orang mengira kelompok peretas Anonymous berada di baliknya. Salah satu pengguna terverifikasi di Twitter bernama @BenjaminEnfield bahkan membagikan tangkapan layar yang menyatakan bahwa sebagian besar jaringan telah 'dihapus' dan 'itu berarti Facebook HILANG.'

Dengan kembalinya Facebook, orang-orang mulai mencari tahu apa yang terjadi untuk kepada raksasa internet itu.

Twitter Chief Technology Officer Facebook Mark Schroepfer. (Twitter)
Twitter Chief Technology Officer Facebook Mark Schroepfer. (Twitter)

Chief Research Officer Cyberthreat Bad Packet Troy Mursch mengatakan, Facebook offline disebabkan oleh DNS atau Domain Name System, namun itu hanyalah awal masalah. 

Kata Troy Mursch, saat Facebook offline, DNS Facebook tak kan bisa dijangkau bagi orang yang hendak mencarinya di internet.

Seperti diketahui, DNS adalah suatu sistem yang memungkinkan orang menemukan apa yang mereka cari di Internet. Dan selama facebook offline maka orang tidak dapat menemukan DNS facebook di internet.

Sementara  Cisco ThousandEyes Angelique Medina menambahkan bahwa cara sederhana memahami konsep DNS offline ini adalah, anggaplah seperti permainan telepon.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar

Berita Terkait