alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini Hal-hal yang Menghilangkan Pahala Sedekah, Kajian Ustadz Abdul Somad

Lebrina Uneputty Minggu, 03 Oktober 2021 | 10:05 WIB

Ini Hal-hal yang Menghilangkan Pahala Sedekah, Kajian Ustadz Abdul Somad
Ustadz Abdul Somad [instagram]

Apa yang dimaksud dengan sedekah menyakiti hati orang lain?

SuaraBekaci.id - Bersedekah, salah satunya menyisihkan sedikit harta kepada yang membutuhkan bisa saja tidak mendapatkan pahala, atau sedekah menghilangkan pahala. 

Berikut ini adalah hal-hal yang membatlkan atau menghilangkan pahala sedekah dari kajian Ustadz Abdul Somad

Sedekah Penghapus Pahala

Mengutip dalam salah satu video YouTube yang diunggah oleh akun Lentera Qolbu pada 27 September 2021, dalam video itu Ustad Abdul Somad menjelaskan bahwa terdapat ada sebuah kegiatan yang harus dihindari agar pahala sedekah tidak hilang.

Sedekah yang menyakiti hati orang lain adalah sebuah aktivitas yang perlu diperhatikan dan dihindari, karena dengan melakukan hal ini seseorang yang bersedekah tadi tidak akan mendapatkan ganjaran pahala karena menyakiti perasaan saudaranya.

Apa yang dimaksud dengan sedekah menyakiti hati orang lain? Hal ini mengacu pada sebuah kegiatan mengungkit-ungkit pemberian. Ketika seseorang melakukan hal tersebut artinya pahala yang sebelumnya akan ia dapatkan karena bersedekah akan dihapuskan.

Maka dari itu lebih baik seseorang senantiasa selalu berucap baik, bertutur kata lembut dan pemaaf kepada sesamanya dibandingkan memberikan sedekah namun menyakit perasaan saudaranya.

Hal-hal yang Membatalkan Pahala Sedekah

Adapun beberapa hal lain yang dapat membatalkan pahala sedekah seseorang, diantaranya adalah:

1. Riya’ atau sombong

Komentar

Berita Terkait