alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Kesehatan

Lebrina Uneputty Jum'at, 24 September 2021 | 13:30 WIB

Manfaat Sarang Burung Walet Bagi Kesehatan
Ilustrasi rumah walet untuk proses pembuatan sarang burung walet (Envato Element by ThamKC)

Air liur burung walet sudah mengeras dan dijual. Sarang burung walet terkenal dahsyat bagi kesehatan.

SuaraBekaci.id - Sarang burung walet sendiri merupakan sarang yang berasal dari kumpulan air liur burung walet. Air liur burung walet sudah mengeras dan dijual. Sarang burung walet terkenal dahsyat bagi kesehatan

Mengonsumsi sarang burung walet ternyata sudah menjadi budaya bagi orang Tiongkok sejak ratusan tahun lalu. Mereka sangat percaya akan khasiat sarang burung walet bagi kesehatan. Biasanya sarang burung walet disajikan dalam bentuk sup.

Sup sarang burung walet tidak hanya lezat, namun juga merupakan santapan yang bergizi bagi berbagai kalangan usia. Secara umum sarang burung walet memiliki manfaat antara lain bagus untuk kesehatan kulit, baik untuk wanita hamil dan juga kesehatan bayi.

Mengutip Goldennest, guna mengetahui komposisi dan khasiatnya, sarang burung walet telah diuji di banyak laboratorium. Di balik viralnya konten tersebut, ternyata begini manfaat sarang burung walet bagi kesehatan tubuh.

Baca Juga: Aplikasi Kesehatan dan Fitnes Laris Manis di Masa Pandemi

Sarang Burung Walet Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat penderita kanker menjalani kemoterapi maka sel baik maupun sel jahat akan terbunuh. Sel baik yang disebut “sel B” merupakan darah putih yang menghasilkan antibodi untuk melindungi tubuh dari penyakit. Karena sel B ini terkena dampak selama menjalani kemoterapi, penderita kanker menjadi lebih rentan terhadap semua jenis penyakit.

 Sebuah studi dilakukan pada 2016 oleh sekelompok peneliti China. Mereka mencari tahu manfaat sarang burung walet bagi sistem kekebalan tubuh. 

Dalam percobannya, mereka melakukan radiasi pada tikus, setelah itu mereka memberi makan sarang burung walet sebagai metode pemulihannya.

Hasil penelitian menunjukan hasil yang baik, sarang burung walet yang dapat dikonsumi memiliki jenis protein tertentu di dalamnya. Protein itu dipercaya dapat mempercepat pembentukan sel B yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Update Covid-19 Global: CDC Ingin Vaksin Booster untuk Lansia, Bukan Tenaga Kesehatan

Sarang Burung Walet Mengandung Enam Hormon Penting

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait