alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

7 Amalan Ringan Pembuka Pintu Rezeki

Lebrina Uneputty Rabu, 15 September 2021 | 15:05 WIB

7 Amalan Ringan Pembuka Pintu Rezeki
berdoa [shutterstock]

Rezeki yang didapat haruslah halal dan sesuai dengan aturan agama Islam.

SuaraBekaci.id - Amalan ringan pembuka pintu rezeki ini, bisa dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Karena rezeki adalah sesuatu yang telah ditentukan Allah SWT kepada umat manusia, dunia maupun di akhirat. Rezeki bisa datang dari mana saja, termasuk yang berasal dari amalan-amalan ringan.

Rezeki yang didapat haruslah halal dan sesuai dengan aturan agama islam. Semua yang ada di dunia ini pada hakikatnya bukanlah milik manusia. Pasangan hidup, anak dan bentuk kekayaan lainnya adalah milik Allah SWT.

"Allah SWT memberikan jaminan kepada makhluk-Nya bahwa Dia memberikan rezeki kepada semua makhluk-Nya"

"Dan tidak ada satu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semua tertulis dalam kitab yang nyata (Lauhul Mahfuzh)". (QS. Hud [11]: 6).

Dilansir dari telisik.id , ada tiga macam rezeki yakni:

1. Rezeki yang tanpa kita minta dan tanpa kita usahakan telah diberikan Allah SWT kepada kita.

2. Rezeki yang kita peroleh melalui ikhtiar dan kerja keras.

3. Rezeki yang diberikan Allah SWT yang tidak disangka-sangka.

Dikutip dalam buku berjudul ''Mempercepat Datangnya Rezeki dengan Ibadah Ringan'' oleh Dr. KH. Mukhlis Aliyudin, M. Ag dan Drs. H. Enjang AS, M. Ag., M. Si.

Berikut 7 amalan ringan pembuka pintu rezeki:

1. Takwa dan Tawakal

Allah SWT berfirman, "Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah SWT niscaya dia akan mengadakan baginya jalan keluar dari kesulitan, dan memberikan rezeki kepadanya dari jalan yang tidak pernah diduga. Dan barangsiapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya, Allah melaksanakan urusan yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu". (QS. Al-Thalaq [65]:2-3).

2. Memperbanyak Istigfar dan Taubat

Allah SWT berfirman, "Mohon ampunlah kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun. Niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat. Dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan pula (di dalamnya) untukmu sungai-sungai". (QS. Nuh [71]: 10-12).

3. Melakukan Salat Dhuha

Rasulullah SAW bersabda, "Hai anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku yaitu salat empat rakaat pada pagi hari, niscaya Aku akan mencukupi sepanjang harimu". (HR. Ahmad dan Abu Ya'la).

4. Membiasakan Bersedekah

Allah SWT berfirman, "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui". (QS. Al-Baqarah [2]: 261).

5. Berbakti Kepada Orang Tua

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang berbakti kepada orangtuanya, dia akan memperoleh keberuntungan yang besar dan Allah akan menambah umurnya". (HR. Ahmad dan Abu Ya'la).

6. Silaturahim

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang ingin diluaskan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, hendaklah ia bersilaturahim". (HR. Bukhari).

7. Selalu Bersyukur dalam Setiap Keadaan

Allah SWT berfirman, "Dan ingatlah, tatkala Tuhanmu memaklumkan, sesungguhnya jika kamu bersyukur, maka Aku pasti tambah (kenikmatan) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku) maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS. Ibrahim [14]:7). 

Reporter: Irawati

Editor: Haerani Hambali

Komentar

Berita Terkait