alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rel Masih Terendam Banjir, Perjalanan Seluruh KA Jarak Jauh Dibatalkan

Antonio Juao Silvester Bano Senin, 22 Februari 2021 | 08:44 WIB

Rel Masih Terendam Banjir, Perjalanan Seluruh KA Jarak Jauh Dibatalkan
ILUSTRASI Banir merendam rel kereta api.[Antara]

Pondasi batu balas pada rel tergerus air sehingga memerlukan waktu untuk proses perbaikan prasarana jalur rel.

SuaraBekaci.id - Perjalanan kereta api jarak jauh dan kereta api (KA) dari Jakarta kembali dibatalkan pada hari ini, Senin (22/2/2021). Penyebabnya, karena banjir merendam rel kereta api di Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang kilometer 55 +100 hingga KM 53+600 dengan ketinggian mencapi 50 sentimeter di atas kop rel pada Minggu (21/2/2021).

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, PT KAI Daop 1 Jakarta masih melakukan upaya untuk memperbaiki prasarana yang terdampak banjir tersebut.

Eva menjelaskan, banjir dengan aliran air yang deras itu tidak hanya membuat jalur rel tergenang. Tapi, pondasi batu balas pada rel tergerus air sehingga memerlukan waktu untuk proses perbaikan prasarana jalur rel.

Eva mengatakan kondisi jalur rel yang terdampak banjir belum dapat dilalui untuk perjalanan KA. Untuk itu, kata dia, seluruh perjalanan KA jarak jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen kembali dibatalkan pada hari ini.

Baca Juga: Banjir Bekasi Bikin Perjalanan KA Jarak Jauh Tujuan Jakarta Dibatalkan

"Kami mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA," kata Eva dilansir dari AyoJakarta.com -- jaringan Suara.com.

Dia mengatakan, terdapat sebanyak 15 KA yang dibatalkan dari area Daop 1 Jakarta. Rinciannya, 7 KA jarak jauh pemberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan 8 KA pemberangkatan dari Stasiun Gambir.

Sebelumnya, jalur kereta api petak jalan Kedunggedeh-Lemahabang pada kilometer 55+100 hingga km 53+600 terdampak banjir akibat cuaca ekstrem dan sungai yang meluap sejak Minggu (21/2/2021).

"Kondisi arus banjir masih deras, sehingga perbaikan jalur KA masih belum dapat dilakukan dengan maksimal," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

KAI juga mengembalikan tiket 100 persen terhadap penumpang yang mengalami pembatalan perjalanan. KAI juga melayani perubahan waktu perjalanan jika penumpang ingin melakukan waktu perjalanan pada hari lain.

Baca Juga: Jalur KA Kebanjiran, 41 Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh Dibatalkan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait