facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masyarakat Bisa Ikuti Upacara HUT RI di Istana Kepresidenan, Begini Caranya

Ari Syahril Ramadhan Selasa, 02 Agustus 2022 | 11:42 WIB

Masyarakat Bisa Ikuti Upacara HUT RI di Istana Kepresidenan, Begini Caranya
DOKUMENTASI - Tim Paskibra upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka

"Mari bergabung bersama kami dalam memperingati detik-detik proklamasi yang ke-77," ujarnya.

SuaraBekaci.id - Masyarakat bisa mengikuti upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekaan RI secara fisik (luring) dan secara virtual (daring) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Hal tersebut setelah Sekretariat Presiden secara resmi membuka pendaftaran melalui laman pandang.istanapresiden.go.id.

Pendaftaran resmi dibuka bagi masyarakat melalui laman tersebut pada Selasa, 2 Agustus 2022, pukul 10.30 WIB.

"Mari bergabung bersama kami dalam memperingati detik-detik proklamasi yang ke-77 di pandang.istanapresiden.go.id," ujar Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Baca Juga: Cetak Gol Pertama di Liga 1 untuk Persija, Hanno Behrens Tetap Rendah Hati

Masyarakat yang mendapat undangan secara fisik akan diajak untuk mengikuti langsung secara fisik Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih pada 17 Agustus 2022 di Istana Merdeka.

Heru mengatakan undangan untuk berpartisipasi secara fisik diberikan dalam jumlah terbatas. Untuk undangan upacara secara fisik, Istana menyediakan 2.500 undangan pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi ke-77 Republik Indonesia dan 2.500 undangan upacara fisik pada Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih. Sedangkan untuk mengikuti upacara secara virtual, Istana menyediakan 77 ribu undangan bagi masyarakat.

"Di tahun ini harapan kami bisa diikuti oleh 77 ribu undangan virtual dan wajib mengikuti di situ ada hiburan, dan di luar itu juga masyarakat bisa berinteraksi sesama, kita berikan kesempatan berinteraksi, berdiskusi, dan berbicara satu sama lain. Mungkin ada yang dari Aceh, dari Ambon, itu bisa bertemu walaupun dari kejauhan, tapi kita mempersatukan di dalam sebuah acara virtual memperingati 17 Agustus," papar Heru dikutip dari Antara, Selasa (2/8/2022).

Jumlah undangan virtual tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang berjumlah sekitar 40 ribu.

Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana menjelaskan bahwa penambahan undangan tersebut dikarenakan tingginya animo masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam upacara HUT Kemerdekaan RI.

Baca Juga: Pembangunan MRT Fase 2A Capai 41 Persen, Terowongan Stasiun Monas dan Thamrin Tersambung

"Animo masyarakat untuk hadir dan ikut menyemarakkan hari ulang tahun Republik Indonesia sangat tinggi. Bukan hanya masyarakat di Jakarta, masyarakat di daerah, masyarakat dari Sabang sampai Merauke, bahkan masyarakat diaspora yang tinggal di luar negeri juga ingin sekali hadir di upacara virtual dalam rangka memperingati hari ulang tahun kemerdekaan," ungkap Yusuf.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait