alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kisah Yannie Kim, Orang Bekasi yang Sukses Berkarir di Dunia Hiburan Korea Selatan

Lebrina Uneputty Jum'at, 26 November 2021 | 13:04 WIB

Kisah Yannie Kim, Orang Bekasi yang Sukses Berkarir di Dunia Hiburan Korea Selatan
Yannie Kim. [Instagram]

Kedatangan Yannie Kim ke Korea Selatan awalnya untuk bekerja magang untuk sebuah perusahaan di Cibitung, Cikarang.

SuaraBekaci.id - Tidak sedikit aktris Indonesia yang meniti karir di luar negeri, salah satunya Yannie Kim. Aktris sukses di Korea Selatan ini ternyata orang asli Bekasi yang tak sengaja terjun ke dunia hiburan dan menjadi sukses membintangi beberapa drama korea populer.

Yannie Kim menetap di Korea Selatan bukan sebab karir selebritisnya melainkan berawal dari menikahi suami orang Korea. 

Yannie Kim yang sudah 22 tahun tinggal di Korea Selatan ini menceritakan kisahnya masuk ke dunia hiburan Korea Selatan.

Pada video blog pribadi youtube nya Yannie Kim mengatakan, awal datang ke Korea bukan untuk menjadi seorang selebritis seperti sekarang.

Kedatangan Yannie Kim ke Korea Selatan awalnya untuk bekerja magang untuk sebuah perusahaan di Cibitung, Cikarang

Tepatnya tanggal 1 Mei 2000, Yannie Kim menginjakkan kakinya pertama kali di Korea Selatan sebagai karyawan magang sebuah perusahaan, belajar membuat layar notebook.

"Aku dulu kerja di perusahaan Korea di Cibitung Cikarang sana deh, aku nggak bisa nyebutin, dan akhirnya aku beruntung dikirim ke Korea untuk magang sekaligus kerja selama 2 tahun," kata Yannie Kim.

Di perusahaan itu juga Yannie Kim memulai jalan takdirnya di Korea Selatan. Dia bertemu dengan suaminya yang saat itu adalah karyawan di perusahaan yang sama.

"Dia di bagian keuangan dan juga IT, dia juga baru di perusahaan itu dan aku juga anak baru yang baru datang ke Korea," tuturnya.

Yannie Kim. [Instagram]
Yannie Kim. [Instagram]

Hingga akhirnya menjalin hubungan dan menikah. Akan tetapi, perjalanan hubungan mereka pun tidak mulus bak cerita dalam dongeng.

Yannie Kim menceritakan, sempat ditentang mertua perempuan karena dirinya yang orang asing dan suaminya adalah anak laki-laki tunggal dalam keluarga mertua.

Walau akhirnya direstui, Yannie Kim mengakui untuk dapat masuk ke dalam rumpun keluarga  suami dia harus rajin mempelajari budaya dan bahasa Korea agar rumah tangga dapat berjalan harmonis dan menyesuaikan kebiasaan keluarga suami.

Awal Muncul di Televisi Korea Selatan

Keharmonisan keluarga Yannie Kim kemudian mendapat perhatian salah satu program Televisi di Korea Selatan. Sekitar tahun 2007-2008, Yannie Kim mendapat tawaran untuk film dokumenter keluarga campuran.

Yannie Kim mengatakan, pemerintah Korea Selatan membuat program dokumenter tentang keluarga campuran agar tidak ada kesenjangan antara masyarakat keluarga campuran dan rumpun asli Korea. Bahwa, keluarga campuran pun bisa harmonis layaknya rumpun asli. 

"Orang korea tuh dulu keukeuh cuma 1 rumpun (pernikahan yang direstui)," katanya.

Setelah membintangi dokumenter film keluarga campuran itu, keberuntungan kembali menaungi ibu satu anak ini.

Dari program film dokumenter keluarga campuran Korea Selatan itu, Yannie Kim kemudian ditawari beberapa program talk show Korea Selatan yang menghadirkan tamu dari negara-negaraasing.

"Aku tuh nggak langsung akting gitu, enggak. Yaa gw seneng dong, ya Allah Yannie orang Bekasi gitu, ya Allah emak gw dulu aja ngelarang gw ke Korea, eh tiba-tiba gue di Korea masuk TV,bangga dong, padahal dulu itu mau show up aja susah, instagram aja belum ada," kisanya. 

Sejak itu, Yannie Kim mulai memberanikan diri menjajal dunia hiburan , menerima tawaran televisi dengan kontrak-kontrak acara maupun film.

Kini Yannie Kim selain berakting, dia juga kerap membagi kehidupannya dengan penggemarnya lewat video blog pribadi di Youtube. Yannie Kim pun tampak ramah dan selalu menjawab pertanyaan penggemar Indonesia tentang kehidupannya di Korea Selatan.

Yannie Kim. [Instagram]
Yannie Kim. [Instagram]

Berikut beberapa drama korea yang pernah dibintangi Yannie Kim

Strangers From Hell (2019)

Drama Korea ini menceritakan tentang serorang pemuda berusia 20-an tahun yang pindah ke Seoul untuk pekerjaan baru dan memutuskan untuk tinggal di asrama yang tidak menyenangkan. Di drama yang berjudul Strangers From Hell ini, Yannie Kim hanya terlihat sekilas saja.

The Great Show (2019)

Drama ini menceritakan tentang Wi Dae Han (Song Seung Heon) adalah seorang mantan politisi yang merawat seorang gadis muda dan tiga saudaranya setelah ibu mereka meninggal. Bersama-sama, mereka tumbuh sebagai keluarga dan memakai “pertunjukan besar” bagi Dae Han agar ia menjadi politisi lagi. Sedangkan Jung Soo Hyun (Lee Sun Bin) adalah junior Dae Han di Universitas dan penulis program berita televisi. Di drama Korea ini Yannie Kim berperan sebagai ibu tiri dari serorang anak nakal.

Love Is Beautiful Life Is Wonderful (2019)

Love is Beautiful Life is Wonderful adalah drama Korea yang tayang pada tahun 2019 di KBS2, drama ini dibintangi oleh Seol In Ah, Kim Jae Young, Jo Yoon Hee, Yoon Park, Oh Min Suk dan Jo Woo Ri. Drama ini menceritakan tentang orang-orang yang mencoba untuk menemukan kebahagiaan dan cinta setelah gagal dalam hidup. Di drama Korea Love is Beautiful Life is Wonderful ini Yannie Kim berperan sebagai asisten rumah tangga.

Yong Pal (2015)

Yong Pal adalah drama Korea yang menceritakan tentang ahli bedah berbakat bernama Kim Tae Hyun (Joo Won). Karena memerlukan uang yang sangat banyak untuk adik perempuannya, ia pun membuka praktik ilegal. Kemudian Tae Hyun diminta untuk melayani pasien VIP di rumah sakit, ketika itu ia bertemu dengan Han Yeo Jin (Kim Tae Hee) yang merupakan seorng pewaris chaebol yang sengaja dibuat koma secara medis. Di drama yang dibintangi Joo Won dan Kim Tae Hee ini, Yannie Kim berperan sebagai pasien imigran yang ingin melahirkan.

Hospital Ship (2017)

 Drama Korea ini dirilis pada tahun 2017 dan dibintangi oleh artis populer Ha Ji Won dan Kang Min Hyuk. Hospital Ship sendiri menceritakan tentang dokter muda yang memberikan perawatan medis kepada penduduk setempat yang tinggal di pedesaan melalui kapal rumah sakit yang berlayar mengelilingi pulau-pulau kecil. Di drama Hospital Ship ini, Yannie Kim berperan sebagai seorang ibu tuna wicara yang anaknya sedang sakit parah dan ia membawa anaknya ini ke rumah sakit kapal tersebut untuk mendapatkan pertolongan.

Voice 3 (2019)

Voice 3 adalah salah satu drama Korea yang tayang pada tahun 2019 dan dibintangi oleh Lee Ha Na dan Lee Jin Wook. Drama Korea ini adalah seri ketiga dari Voice yang menceritakan tentang kelanjutan Voice 2. Dimana drama ini bercerita tentang keberadaan 112 pusat panggilan darurat dan tim lapangan saat mereka berperang melawan kartel kejahatan internasional yang terlibat dalam jaringan gelap internet. Yannie Kim sendiri berperan antagonis memerankan tokoh Pertiwi yang merupakan korban penipuan dari pemilik Imigrant Center yang berusaha membunuh sang direktur.

Komentar

Berita Terkait