alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini 4 Cara Mendeteksi Kebohongan dari Lawan Bicara

Lebrina Uneputty Senin, 27 September 2021 | 08:30 WIB

Ini 4 Cara Mendeteksi Kebohongan dari Lawan Bicara
Ilustrasi (unsplash.com)

Kalau kau sudah mengetahui bahasa tubuhnya, kamu pasti tahu dia sedang berkata jujur atau enggak.

SuaraBekaci.id - Terkadang sulit mengenali lawan bicara apakah yang diungkapkan itu sebuah kebenaran atau kebohongan. Deteksi kebohongan lawan bicara dengan cara berikut ini.

Nah, kamu bisa mendeteksi kebohongan dengan memerhatikan gerak-gerik dan juga bahasa tubuhnya. Kalau kau sudah mengetahui bahasa tubuhnya, kamu pasti tahu dia sedang berkata jujur atau enggak.

Melansir dari laman Brightside (24/9/2021), berikut ini beberapa hal yang bisa kamu perhatikan saat seseorang sedang berbohong. Simak baik-baik, ya!

  • Jeda saat berbicara

Kalau lawan bicaramu sedang berbohong, pasti ada jeda saat berbicara. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang sedang berbicara dan mengambil jeda lama, ada kemungkinan bahwa mereka sedang berusaha untuk berbohong. Dengan mengambil jeda, dia sedang berpikir apa yang akan dikatakan selanjutnya.

  • Gerakan ekspresi wajah

Penyampaian emosi atau perasaan dikatakan tulus ketika enggak hanya satu bagian dari wajah seseorang yang berubah. Sama halnya dengan ekspresi lain, jika seseorang benar-benar tersenyum, mereka enggak hanya menggerakan bibir, melainkan juga kerutan dari wajah akan ditampilkan sebagai efek dari senyuman tersebut.

  • Durasi emosi

Biasanya, emosi hanya bertahan selama lima detik saat seseorang sedang berbicara. Jika seseorang mengekspresikan emosi saat sedang menyampaikan sesuatu selama lebih dari lima detik, besar kemungkinan dia sedang menyampaikan sesuatu yang enggak sesuai dengan perasaannya alias berbohong.

  • Penyampaian berulang-ulang

Orang yang sedang berbohong memiliki kemungkinan akan menyampaikan sesuatu dengan banyak pengulangan kata-kata. Dengan mengatakan hal yang sama terus-menerus, seseorang mungkin sedang berbohong dan berusaha untuk meyakinkanmu dan dirinya sendiri, serta mengukur reaksi kalau kamu percaya dengan apa yang dikatakannya.

Nah, itulah beberapa bahasa tubuh yang perlu kamu tahu untuk mengetahui lawan bicaramu sedang berbohong atau enggak. Semoga bermanfaat!

Komentar

Berita Terkait