Lebrina Uneputty
Ilustrasi jogging. (Shutterstock)

SuaraBekaci.id - Olahraga lari menjadi pilihan kebanyakan orang untuk menurunkan berat badan. Selain mudah, olahraga ini juga tidak mengeluarkan banyak biaya.

Tapi tahukah anda, olahraga lari tidak hanya membantu menurunkan berat badan. Tapi juga memberikan efek besar pada kesehatan otak.

Berikut ini dilansir dari Brightside, beberapa manfaat kesehatan dari olahraga lari.

1. Memperlambat penuaan otak

Baca Juga: 4 Manfaat Daun Pisang yang Perlu Kamu Tahu

Penelitian oleh King's College London telah memperhatikan kondisi kesehatan lebih dari 150 pasang saudara kembar usia antara 43 hingga 73 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang memiliki kaki lebih kuat mengalami perubahan otak terkait penuaan yang lebih sedikit setelah 10 tahun.

2. Meningkatkan sel-sel sehat

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang menggunakan kakinya secara aktif untuk olahraga lari, berjalan kaki atau naik sepeda memembantu mengirim sinyak ke otak untuk memproduksi sel-sel saraf yang sehat.

3. Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat

Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa tubuh akan kesulitan memproduksi sel saraf baru, karena aktivitas kaki yang buruk. Hal ini pun bisa berdampak pada sistem saraf.

Baca Juga: Anak dengan Kelainan Jantung Bawaan Rentan Alami Gizi Buruk, Orangtua Wajib Waspada

Karena sel-sel ini sangat penting untuk menangani stres dan beradaptasi dengan tantangan dalam hidup. Jadi, olahraga cukup bisa memberikan efek yang sangat positif pada seluruh tubuh kita.

Komentar