facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dana Rp 6,2 Miliar untuk Budidaya Ternak, Pemkot Bekasi: Untuk Pembuatan 100 Kandang, 1000 Kambing Betina dan Pakan

Galih Prasetyo Selasa, 01 Februari 2022 | 15:42 WIB

Dana Rp 6,2 Miliar untuk Budidaya Ternak, Pemkot Bekasi: Untuk Pembuatan 100 Kandang, 1000 Kambing Betina dan Pakan
Pedagang memberi pakan kambing yang dijualnya di Pasar Kambing, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (7/7/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Hasil dari budidaya kambing akan diputarkan kembali kepada masyarakat atau kelompok tani yang juga ingin berternak kambing.

SuaraBekaci.id - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Bekasi telah menganggarkan Rp 6,2 Miliar untuk budidaya hewan ternak dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2021.

Kabid Perternakan DKPPP Wadi Rimal merinci bahwa Rp 1,9 miliar dipergunakan untuk membangun 100 kandang kambing yang tersebar di 11 Kecamatan di Kota Bekasi.

Sementara, lanjut Wadi, Rp 4,3 Miliar digunakan untuk membelanjakan hewan ternak sebanyak 100 ekor kambing dan juga pakan selama enam bulan.

"Untuk jantan 100 ekor. Untuk domba atau kambing betina 1000 ekor," jelasnya saat dikonformasi, Selasa (1/2/2022).

Baca Juga: Dirayakan Sederhana, Perayaan Imlek di Klenteng Tertua di Bekasi Berlangsung Khidmat

Dia juga menjelaskan, masing masing kelompok mendapatkan 10 ekor betina dan 1 ekor jantan.

Selain itu, pihaknya juga memberikan pakan berupa rumput sebanyak dua ratus ton pakan, vitamin, dan obat-obatan lainnya.

"Kita (kasih pakan) dua ton sekaligus (untuk setiap kelompok tani), diperkirakan pakan bisa bertahan sampai 4-6 bulan," jelasnya.

Jika pakannya sudah habis, Pemkot Bekasi sudah tidak memberikan lagi pakan untuk hewan ternak tersebut. Dia juga mengatakan setelahnya setiap kelompok tani harus berjalan secara mandiri.

"Iya betul (mandiri), pemerintah sudah memberikan bantuan, memperdayakan mereka, supaya bisa berkembang, untuk motivasi untuk berbudidaya," jelasnya.

Baca Juga: 110 Petugas Satpol PP Dikerahkan Amankan Hari Imlek di Bekasi

Dia juga mengatakan, kedepannya hasil dari budidaya kambing akan diputarkan kembali kepada masyarakat atau kelompok tani yang juga ingin berternak kambing.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait