facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Geger Penampakan Fenomena Alam di Pesisir Muaragembong, Warganet: Astagfirullah, Serem Banget

Galih Prasetyo Selasa, 18 Januari 2022 | 19:35 WIB

Geger Penampakan Fenomena Alam di Pesisir Muaragembong, Warganet: Astagfirullah, Serem Banget
Fenomena Waterspout Muncul di Perairan Laut Pesisir Muaragembong ( Instagram /@muaragembongkita)

Muncul fenomena alam di perairan Muaragembong yang membuat warganet panik

SuaraBekaci.id - Fenomena Waterspout muncul di atas permukaan laut Pesisir Muaragembong, Selasa ( 18/1/2022). 

Laporan munculnya fenomena angin puting beliung dengan bentuk kolumnar kuat diatas permukaan air tersebut diabadikan oleh salah seorang nelayan di wilayah Muarabendera yang kemudian diunggah ulang oleh beberapa akun media sosial Instagram diantaranya @muaragembongkita. 

Dalam unggahan potret hamparan laut yang diselimuti awan mendung itu, tampak pusaran angin puting beliung bergemuruh diatasnya.  Dibawah pusaran tampak sebuah kapal nelayan berlayar disana.  

Berdasarkan informasi dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG),  fenomena ini terbentuk dari sistem awan cumulonimbus ( CB),  meski tak semua awan CB tak memunculkan Waterspout.  

Baca Juga: Daftar Pemain Timnas Indonesia untuk Laga Lawan Timor Leste: Ada Figo dan Ronaldo

Terbentuknya waterspout biasanya bergantung pada kondisi labilitas atmosfer.  Keberadaan awan CB ini juga mengindikasikan potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang yang akan datang.  

Waterspout biasanya bersifat lokal dan muncul hanya dalam waktu singkat yakni sekitar 10 menit saja,  fenomena ini juga biasanya terjadi pada sore atau malam hari. 

Fenomena waterspout pernah terjadi di beberapa wilayah sebelumnya yakni pada awal tahun 2021 Waterspout muncul di waduk Gajah Mungkur Wonogiri, kemudian pada Juni 2021 kembali terlihat di Banyuwangi Jawa Timur, dan di bulan November 2021 lalu muncul di perairan Bali tepatnya di Desa Pacung, Kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.  

Lantas apakah berbeda dengan angin puting beliung?  

Dikutip dari berbagai sumber, fenomena waterspout hanya terjadi ketika ada kontak antara angin dengan air. Skala angin waterspout tergolong mikro sehingga umumnya hanya terjadi di atas danau, tambak, sungai, bendungan dan lain lain.  

Baca Juga: Dua Pebiliar Bekasi Siap Persembahkan Medali Emas di SEA Games Vietnam

Warganet yang melihat unggahan ini pun ikut berkomentar.  

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait