facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Disdik Jabar: Dana SPP SMA/SMK Negeri Gratis Sudah Tersalurkan Rp1,432 Triliun

Lebrina Uneputty Jum'at, 10 Desember 2021 | 14:08 WIB

Disdik Jabar: Dana SPP SMA/SMK Negeri Gratis Sudah Tersalurkan Rp1,432 Triliun
Ilustrasi uang (unsplash.com/Mufid Majnun)

Ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supendi di Bandung, Jumat (10/12/2021).

SuaraBekaci.id - Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) atau iuran bulanan gratis jenjang SMA/SMK dan SLB negeri Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sudah tersalurkan sebesar Rp1.432 triliun per Juli hingga Desember 2021.

Ini diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supendi di Bandung, Jumat (10/12/2021).

Melansir Antara, iuran bulanan gratis kata Dedi, ialah program bantuan yang digagas oleh Pemprov Jawa Barat untuk Biaya Operasional Pendidikan Daerah (BOPD) SMA/SMK/SLB Negeri dan Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) untuk sekolah swasta.

"Jumlah siswa SMA SMK dan SLB Negeri di Jabar mencapai 779.872 orang dengan anggaran BOPD mencapai Rp1,4 triliun. Sedangkan jumlah siswa SMA SMK SLB MA swasta di Jawa Barat 1.272.599 orang dengan anggaran BPMU mencapai Rp890,8 juta," kata dia.

Menurut dia, alokasi anggaran BPOD dan BPMU yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk sekolah menengah atas jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan BPOD dan BPMU Provinsi Jawa Timur.

"Ini menunjukkan perhatian Pemprov Jabar untuk dunia pendidikan, khususnya sekolah menengah atas sangat tinggi. Anggaran BPOD dan BPMU kita jika digabungkan mencapai Rp2,4 triliun," kata dia.

Dedi menuturkan hingga saat ini masih banyak sekolah, terutama sekolah swasta uang menahan ijazah peserta didiknya.

Oleh karena itu, lanjut Dedi, anggaran BPMU di sekolah swasta bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan sekolah yang menahan ijazah peserta didiknya.[Antara]

Komentar

Berita Terkait