alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hipertensi? Ini 8 Rempah Bantu Turunkan Darah Tinggi

Lebrina Uneputty Rabu, 24 November 2021 | 14:05 WIB

Hipertensi? Ini 8 Rempah Bantu Turunkan Darah Tinggi

Hasilnya, beberapa rempah memang terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

SuaraBekaci.id - Punya masalah dengan tekanan darah tinggi alias hipertensi? Hipertensi memang jadi salah satu masalah kesehatan yang bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Serangkaian studi dengan metode Randomized Clinical Trial (RCT) hingga Systematic Review yang dipublikasikan oleh Cochrane pun telah dilakukan demi mempelajari efek rempah untuk menurunkan darah tinggi.

Hasilnya, beberapa rempah memang terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah daftar rempah untuk mengatasi hipertensi

1. Kemangi
Kemangi merupakan jenis rempah yang kaya akan berbagai senyawa kuat. Penelitian telah mengaitkan antioksidan nabati dalam kemangi memberikan banyak manfaat, termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Studi menunjukkan, eugenol dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan bertindak sebagai penghambat saluran kalsium alami. Penghambat saluran kalsium mencegah pergerakan kalsium ke jantung dan sel-sel arteri, memungkinkan pembuluh darah untuk lebih rileks.

2. Kayu Manis
Kayu manis menjadi bahan yang sering digunakan dalam memasak kue. Tapi, tahukah kamu bila kayu manis ternyata mampu mengobati hipertensi?

Ya, kayu manis memiliki senyawa cinnamaldehyde yang menjadi antioksidan kuat. Dengan begitu kolesterol hingga darah tinggi bisa diatasi dengan ampuh.

3. Daun Basil
Daun basil seringkali menjadi pelengkap suatu sajian karena aromanya yang khas. Dalam penelitian yang dipublikasikan di Pubmed oleh Tabassum et al, disebutkan bahwa daun basil dilaporkan memiliki efek positif terhadap tekanan darah.

Ekstrak murni basil juga dilaporkan dapat menurunkan kadar tekanan darah sistolik, diastolic dan rerata tekanan darah dengan dosis efektif 30 mg/ kg. Kemungkinan, efek ini muncul akibat kandungan eugenolnya yang memiliki pengaruh terhadap kanal kalsium (yang berkaitan dengan pengaturan tekanan darah di tubuh).

Komentar

Berita Terkait