alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tak Cuma Mobil Plat Hitam, Motor Berstrobo Sirine Ini Juga Ditindak Polisi di Cikarang

Lebrina Uneputty Minggu, 03 Oktober 2021 | 14:34 WIB

Tak Cuma Mobil Plat Hitam, Motor Berstrobo Sirine Ini Juga Ditindak Polisi di Cikarang
Polantas Polres Metro Bekasi Kabupaten menindak motor berstrobo dan sirine. (instagram)

Yang satu ini, langsung ditindak Polres Metro Bekasi Kabupaten di Cikarang.

SuaraBekaci.id - Nggak cuma mobil plat hitam berstrobo, motor pun ada yang nekat menggunakan strobo atau lampu rotator lengkap dengan lampu sirine. Yang satu ini, langsung ditindak Polres Metro Bekasi Kabupaten di Cikarang.

Dalam postingannya di Instagram, @tmcrestrobekasikab mengunggah sebuah postingan sedang menindak pemotor berlampu strobo lengkap dengan bunyi sirine.

"Polri Satlantas Polres Metro Bekasi lakukan Penindakan terhadap pengendara yang masih nekat menggunakan Lampu Strobo & Sirine yang bukan peruntukkannya.
Melanggar Pasal 287 Ayat (4) UU No.22 Tahun 2009.

Sesuai dengan ;
UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasal 287 Ayat 4 yang berbunyi :
"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar ketentuan mengenai penggunaan atau hak utama bagi kendaraan bermotor yang menggunakan alat peringatan dengan bunyi dan sinar sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59, Pasal 106 ayat (4) huruf f, atau Pasal 134 dipidana dengan Pidana Kurungan Paling Lama 1 Bulan atau Denda paling banyak Rp. 250.000,-"

Kriteria Kendaraan Bermotor yang diperbolehkan menggunakan Lampu Isyarat & Sirine, sesuai dengan Pasal 59 UU No. 22 Tahun 2009 adalah :

Lampu Isyarat Warna (BIRU) & Sirine digunakan untuk Kendaraan Bermotor Petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Lampu Isyarat Warna (MERAH) & Sirine digunakan untuk Kendaraan Bermotor tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia, pemadam kebakaran, ambulans, palang merah, rescue, dan jenazah.

Lampu Isyarat Warna (KUNING) tanpa Sirine digunakan untuk Kendaraan Bermotor patroli jalan tol, pengawasan sarana dan Prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, perawatan dan pembersihan fasilitas umum, menderek Kendaraan, dan Angkutan barang khusus.

Dihimbau kepada masyarakat pengguna jalan agar mematuhi peraturan yang berlaku serta saling menghargai pengendara lainnya untuk keselamatan & kenyamanan bersama dalam berkendara di Jalan".

Polantas Polres Metro Bekasi Kabupaten menindak motor berstrobo dan sirien. (instagram)
Polantas Polres Metro Bekasi Kabupaten menindak motor berstrobo dan sirien. (instagram)

Tampak video itu polisi menindak motor NMax berwarna hitam yang sedang melintas di sekitar wilayah Cikarang. Si pemilik motor tampak diam saat tertangkap basah menggunakan strobo dan sirine.

Komentar

Berita Terkait