alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fenomena Alam Semesta yang Sudah Dijelaskan Dalam Al-Quran

Lebrina Uneputty Minggu, 26 September 2021 | 10:10 WIB

Fenomena Alam Semesta yang Sudah Dijelaskan Dalam Al-Quran
Ilustrasi dentuman Big Bang. [Shutterstock]

Berikut ini daftar fenomena yang tercantum dalam Al-Quran.

SuaraBekaci.id - Sejumlah fenomena alam semesta yang belakangan baru diketahui ilmuwan, ternyata sudah tertulis dalam kitab suci Al- Quran. Kitab suci yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW kurang lebih 14 tahun lalu.

Hal ini membuktikan Al-Qur'an bukan karangan manusia, melainkan firman Allah yang kebenarannya tak diragukan lagi. Perkembangan ilmu pengetahuan semakin membuktikan kebenaran Al-Qur'an.

Dilansir dari JabarEkspres.com, Dr. Ing. Ir. Rudi Rubiandini R.S. dalam kajian Al-Qur'an dan Sains bertajuk Fenomena Alam Semesta dalam Pandangan Al-Quran dan Sains.

Acara yang diselenggarakan Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Organisasi Wilayah (Orwil) Jawa Barat itu mengungkap apa yang ada di dalam Al-Qur’an dan sains tidak pernah berbenturan.

Baca Juga: Bacaan Ayat Al Quran saat Sedih, Bisa Jadi Obat Penenang

Maka kita sebagai Muslim harus yakin dengan Al-Qur’an. Kehadiran Al-Qur’an seringkali hanya kita lantunkan dengan indah, namun juga perlu, bagaimana menyelami Al-Qur’an sampai mengkajinya, mendalaminya sesuai dengan keilmuan masing-masing.

Dilansir Detik.com Berikut ini daftar fenomena yang tercantum dalam Al-Quran.

  • Dua laut yang bertemu namun airnya tidak menyatu

Di dalam Al-Qur'an telah dijelaskan bahwa ada dua laut yang saling bertemu namun keduanya tidak menyatu. Ini terjadi di Selat Gibraltar yang menghubungkan Lautan Mediterania dan Samudera Atlantik.

Para ilmuwan menjelaskan, fenomena tersebut terjadi karena air laut dari Samudera Atlantik dan dari Laut Mediterania memiliki karakteristik yang berbeda, dilihat dari suhu air, kadar garam, dan kerapatannya.

Bertemunya dua lautan ini dijelaskan Al-Quran dalam surah Ar-Rahman ayat 19-20.

Baca Juga: Cara Buang Racun di Tubuh Berdasarkan Al-Quran dan Sains

"Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu. Antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui masing-masing." (QS. Ar-Rahman: 19-20).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait