alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Selengkapnya Tentang UNGA, Organisasi yang Tunjuk BTS Pidato di PBB

Lebrina Uneputty Rabu, 22 September 2021 | 16:30 WIB

Selengkapnya Tentang UNGA, Organisasi yang Tunjuk BTS Pidato di PBB
BTS di Gedung PBB. (Soompi)

Penunjukkan tersebut lantas membuat UNGA menjadi perhatian dunia.

SuaraBekaci.id - UNGA menunjuk Idol Grup BTS sebagai utusan dari Korea. Grup beranggotakan 7 pria itu berkesempatan berpidato di depan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penunjukkan tersebut lantas membuat UNGA menjadi perhatian dunia. 

Bagi kalian yang belum tahu apa itu UNGA, berikut ini penjelasannya. Simak baik-baik.

United Nations General Assembly atau disingkat UNGA adalah organisasi pembuat kebijakan utama di PBB yang terdiri dari semua Negara Anggota. Dalam bahasa Indonesia, UNGA disebut juga sebagai Majelis Umum PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa).

Majelis tersebut terdiri dari para pemimpin negara anggota dan mengadakan pertemuan setiap tahunnya. Untuk pertemuan UNGA sesi reguler dilaksanakan dari bulan September sampai Desember setiap tahun atau sesuai kebutuhan.

Forum yang diselenggarakan UNGA membahas masalah internasional yang tercakup Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Setiap Negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa yang berjumlah 193 memiliki hak suara yang sama.

UNGA bertugas membuat keputusan penting untuk PBB, termasuk:

  • Mengangkat Sekretaris Jenderal atas rekomendasi Dewan Keamanan
  • Memilih anggota tidak tetap Dewan Keamanan
  • Menyetujui anggaran PBB

Tahun ini dilaksanakan sidang Umum ke-76 dengan tema "Membangun Ketahanan Melalui Harapan untuk Pulih dari Covid-19, Membangun Kembali Keberlanjutan, Menanggapi Kebutuhan Planet Ini, Menghormati Hak-Hak Orang, dan Merevitalisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa."

BTS bersama Presiden Korea Moon Jae In menghadiri Sidang Majelis Umum PBB di New York untuk pertemuan kedua dari Sustainable Development Goals (SDG) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Sidang tersebut bukanlah forum biasa karena dihadiri kepala negara atau perwakilannya dari seluruh dunia. BTS ditunjuk langsung oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae In.

Komentar

Berita Terkait