alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Monetisasi YouTube Hingga Menghasilkan uang dan Resmi Jadi Youtuber

Pebriansyah Ariefana Minggu, 12 September 2021 | 11:05 WIB

Cara Monetisasi YouTube Hingga Menghasilkan uang dan Resmi Jadi Youtuber
Ilustrasi youtuber (freepik)

Syarat yang perlu kamu ketahui dan perhatikan ketika ingin melakukan monetisasi Youtube.

SuaraBekaci.id - Cara monetisasi YouTube dan syarat monetisasi Youtube yang harus kamu ketahui sebelum kamu menjadi seorang konten kreator.

Terlebih jika kamu ingin mendapatkan uang dari Adsense Youtube, simak syaratnya berikut ini. Monetisasi Youtube merupakan suatu bentuk apresiasi youtube terhadap karya konten kamu yang berupa video dan ditonton oleh banyak orang. Monetisasi Youtube ini merupakan proses penyisipan iklan di setiap video kamu.

Saat ini Adsense YouTube adalah salah satu sumber penghasilan yang cukup menjanjikan, yang membuat hampir seluruh Youtuber mengaktifkan iklan Adsense di setiap video. Namun, YouTube memberikan syarat sebelum kamu bisa melakukan monetisasi dan menghasilkan uang dari video kamu.

Syarat yang perlu kamu ketahui dan perhatikan ketika ingin melakukan monetisasi Youtube.

Baca Juga: YouTuber di Aceh Bareng Teman Wanitanya Digerebek dalam 'Mobil Goyang'

1. Terverifikasi

Proses verifikasi perlu, ketika kamu ingin mengunggah video dengan durasi panjang. YouTube menganggap video dengan durasi lebih dari 15 menit merupakan video dengan durasi panjang. Jadi, jika kamu ingin mengunggah video lebih dari durasi tersebut kamu perlu melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Proses verifikasi akun Youtube ini cukup mudah, kamu hanya membutuhkan nomor handphone aktif yang digunakan untuk menerima kode verifikasi dari Youtube.

Langkah verifikasi Akun Youtube

  • Pertama-tama buka halaman upload.
  • Pada bagian bawah halaman ini kamu akan menemui pilihan untuk meningkatkan durasi video yang akan diunggah.
  • Kemudian klik "Increase your limit".
  • Terdapat dua pilihan metode verifikasi, yaitu menggunakan pesan suara atau menggunakan pesan sms yang berisi kode verifikasi. Kamu dapat memilih salah satu nya sesuai dengan kebutuhan tercepat kamu.
  • Setelah mendapatkan kode verifikasi, masukkan kode tersebut ke dalam form yang disediakan dan klik "Submit".
  • Jika proses ini berhasil, pada menu profil kamu akan tampil teks "Partner Verified".
  • Setelah terverifikasi, kamu dapat mengunggah video berdurasi lebih dari 15 menit. Maka segeralah unggah video menarik kamu dengan durasi panjang.

2. 1000 Subscriber

Baca Juga: Channel BLACKPINK Jadi Channel Milik Artis dengan Subscriber Terbanyak

Syarat lain yang cukup susah untuk monetisasi youtube, yaitu memiliki 1000 subscriber. Melihat besarnya user Youtube, 1000 subscriber mungkin hanya nol koma sekian persen dari total seluruh pengguna. Bisa jadi dengan perhitungan seperti itu, kamu dapat dengan mudah menyelesaikan syarat ini.

Kamu dapat membagikan channel yang kamu miliki kepada teman melalui media sosial. Kamu perlu menjaga kualitas video yang bagus dan menarik untuk lebih menarik banyak subscriber. Karna subscriber hanya dapat diperoleh ketika video video yang kamu unggah cukup menarik.

3. 4000 Jam Tayang

Syarat monetisasi Youtube lainnya adalah akun youtube kamu harus telah memiliki 4000 jam tayang. Total 4000 jam tayang ini terhitung selama 12 bulan terakhir, yang artinya selama satu tahun kedepan kamu harus mengejar 4000 jam tayang.

Kamu dapat menyiasatinya dengan mengupload video menarik sebanyak mungkin. Dengan semakin banyaknya video berdurasi lama kemungkinan besar akan mempercepat syarat jam tayang ini terpenuhi.

4. Hindari Komentar Spam

Ketika mendaftar YouTube AdSense kamu perlu menunggu beberapa proses verifikasi dan penilaian yang perlu dilakukan oleh Tim YouTube. Proses ini akan membutuhkan cukup banyak waktu dengan hitungan hari.

Untuk itu, ada baiknya kamu menghindari komentar spam untuk menjaga akun kamu bebas dari tindakan spam. Karena bagi Youtube, komentar spam dapat menjadikan akun kamu menjadi akun yang tidak layak untuk di daftarkan Youtube Adsense. Akun yang melakukan spamming komentar akan mendapatkan rate yang buruk dan akan mempengaruhi penilaian kelayakan Adsense dari Youtube.

Itulah syarat monetisasi youtube yang harus kamu ketahui dan jalankan sebelum kamu layak menjadi youtuber atau akun youtube adsense. Bila kamu telah terverifikasi sebagai Youtube dengan adsense, kamu akan mulai mendapatkan uang dari setiap video yang sudah kamu upload. Gimana? menarik bukan? Selamat mencoba.

(Jeffry francisco)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait