alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Beda Dari yang Lain, PPDB Bekasi Siapkan Jalur Penghafal Alquran

Hairul Alwan Minggu, 13 Juni 2021 | 15:20 WIB

Beda Dari yang Lain, PPDB Bekasi Siapkan Jalur Penghafal Alquran
ILUSTRASI Penghafal Alquran. [Suara.com/Ferrye Bangkit Rizki]

Pelaksanaan PPDB Bekasi bakal siapkan jalur penghafal Alquran.

SuaraBekaci.id - Dinas Pendidikan Kota Bekasi bakal membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), besok atau Senin (14/6/2021). Beda Dari yang lain, pelaksanaan PPDB Bekasi bakal siapkan jalur penghafal Alquran.

PPDB Bekasi siapkan jalur penghafal Alquran dengan memasukannya ke jalur prestasi. Penghafal Alquran masuk jalur prestasi setelah dibagi tiga jalur prestasi. Jalur penghafal Alquran akan diuji hafalannya saat mendaftar.

Sekretaris Dindik Bekasi, Krisman Irwandi mengatakan, untuk lulusan SD ke SMP disediakan empat jalur yakni, zonasi 50 persen, aformasi 30 persen, prestasi 17 persen, dan pindahan 3 persen.

Untuk Jalur prestasi, Pemkot Bekasi membaginya lagi menjadi tiga yakni, prestasi akademik, nonakademik dan penghafal Alquran.

Baca Juga: Tahapan, Jalur, Daya Tampung dan Jadwal Pendaftaran PPDB Bekasi 2021

“Kalau prestasi itu kan yang lulusan SD ke SMP yang nilainya 17 persen dibagi tuh, ada prestasi yang dinilai dengan SKNA, surat keterangan nilai akhir, ada prestasi akademik dan nonakademik ada prestasi tahfiz Alquran,” terang Krisman, kepada wartawan, Jumat, 11 Juni 2021.

Meski demikian, untuk jalur Tahfiz Alquran akan dilakukan pengujian ulang lantaran kuotanya hanya satu persen dari jalur prestasi.

“Pada 14 Juni itu nanti calon peserta yang punya sertifikat atau piagam, baca Alquran satu atau dua juz itu harus datang k LPPQ untuk disahkan, ya diuji lagi lah,” terangnya.

Sementara itu, untuk anak-anak yang hendak masuk SD, akan terbagi menjadi tiga jalur. Pertama, zonasi dengan kuota 82 persen, afirmasi 15 persen dan perpindahan orang tua 3 persen.

“Zonasi untuk SD akan terbagi lagi menjadi dua, yakni dalam kota 77 persen dan luar kota 5 persen,” tutur dia.

Baca Juga: Jumlah Lulusan SD di Kota Bekasi Lebih Banyak Dibanding Daya Tampung SMP

10 Sekolah Terbaik di Jabar
Membantu kamu menentukan pilihan, Suarajabar.id merangkum top 10 SMA terbaik di Jawa Barat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait