facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Presiden Jokowi Perintahkan Harga Minyak Goreng Curah Jadi Rp 14 Ribu, Mendag Zulhas: Target Kita Sebulan

Ari Syahril Ramadhan Senin, 20 Juni 2022 | 19:25 WIB

Presiden Jokowi Perintahkan Harga Minyak Goreng Curah Jadi Rp 14 Ribu, Mendag Zulhas: Target Kita Sebulan
Mendag Zulkifli Hasan (Zulhas) menginginkan masyarakat bisa mendapatkan minyak goreng dengan harga yang terjangkau. (Suara.com/Achmad Fauzi)

Minyak goreng itu Insya Allah akan jadi Rp 14.000 (per liter). Target kita sebulan, ditambah kemasan sederhana yang akan segera dilangsungkan, ujar Zulhas.

SuaraBekaci.id - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan jajarannya memastikan seluruh komoditas bahan pangan tersedia dan harganya terjangkau oleh masyarakat, menjelang momentum konsumsi tinggi di Idul Adha, pada Juli 2022.

Perintah itu disampaikan Presiden Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/6/2022).

“Antisipasi pangan, harus tersedia, harga terjangkau,” kata Mendag Zulhas.

Zulhas mengaku diperintahkan Presiden untuk segera menurunkan harga minyak goreng curah di seluruh provinsi menjadi Rp14 ribu per liter sesuai harga yang ditetapkan pemerintah.

Baca Juga: Kebijakan Presiden Jokowi Dinilai Permudah Daerah Bangun Sektor Ekonomi

Ia menargetkan dalam waktu satu bulan, harga minyak goreng curah dapat turun secara merata di seluruh daerah menjadi Rp14 ribu per liter.

“Minyak goreng itu Insya Allah akan jadi Rp 14.000 (per liter). Target kita sebulan, ditambah kemasan sederhana yang akan segera dilangsungkan,” ujarnya.

Sebelum Sidang Kabinet Paripurna, Zulhas mengklaim dirinya sudah menemukan benang merah persoalan minyak goreng.

Ia akan memastikan suplai minyak goreng curah terjaga di tiga jalur distribusi yang mencakup 10 ribu titik. Ia meyakini bahwa solusi tersebut dapat mengurai persoalan jalur distribusi minyak goreng curah.

"Minyak curah ini, saya sudah tahu benang merahnya, ya. Ada tiga jalur distribusi, ada 10 ribuan titik, sekarang lagi saya suruh install di 10 ribu titik lebih itu orang bisa membeli dengan harga Rp14.000," katanya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegas ke Menteri: Jangan Mengikuti Rutinitas Harian

Langkah kedua yang disiapkan Mendag adalah dengan mengembangkan kemasan sederhana untuk minyak goreng curah, agar memudahkan proses distribusi, terutama dalam menjangkau kawasan pelosok Indonesia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait