facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Karawang Diprediksi Diserbu Ribuan Pendatang Usai Lebaran Tahun Ini

Ari Syahril Ramadhan Rabu, 11 Mei 2022 | 15:50 WIB

Karawang Diprediksi Diserbu Ribuan Pendatang Usai Lebaran Tahun Ini
ILUSTRASI - Sejumlah penumpang turun dari bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, pada H+7 Lebaran, Selasa (10/5/2022). [ANTARA/Fathur Rochman]

"Kami mengimbau bagi warga pendatang untuk segera mengurus surat pindah domisili, supaya bisa lancar dalam menjalankan kegiatannya di Karawang," ujarnya.

SuaraBekaci.id - Ribuan pendatang diperkirakan bakal mendatangi Kabuapten Karawang, Jawa Barat setelah Lebaran 2022. Mereka diprediksi bakal masuk dan menetap sementara di Karawang.

Merespon kemungkinan itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Karawang mengimbau pendatang melapor ke ketua RT/RW setempat untuk selanjutnya segera mengurus administrasi kependudukan.

"Kami mengimbau bagi warga pendatang untuk segera mengurus surat pindah domisili, supaya bisa lancar dalam menjalankan kegiatannya di Karawang," kata Kepala Disdukcapil Kabupaten Karawang Bambang Susetyo, rabu (11/5/2022) dikutip dari Antara.

Pada dasarnya, kata dia, setiap warga negara bebas untuk menetap atau tinggal di mana saja karena KTP itu bersifat nasional.

Baca Juga: Pasca Lebaran, Volume Sampah di Pantura Meningkat Capai 600 Ton Per hari

Namun. ada ketentuan khusus bagi warga yang status pendatang baru, di mana mereka harus melapor ke ketua RT/RW setempat dan segera mengurus surat pindah domisili agar administrasi kependudukan bisa lebih tertib.

"Setelah Lebaran ini, kami akan mengoptimalkan pelayanan administrasi kependudukan di kantor Disdukcapil," katanya.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, kata dia, selesai Lebaran jumlah pendatang selalu bertambah di Karawang.

Ia memperkirakan setelah Lebaran tahun ini ribuan warga Karawang akan masuk dan kemungkinan akan menetap sementara di wilayah setempat.

Oleh karena itu, pihaknya akan mengoptimalkan pelayanan mengenai administrasi kependudukan.

Baca Juga: Pemeriksaan Pintu Masuk Bali Selama Arus Balik Dipasangi X-ray

"Data pada hari pertama kerja saja, sudah ada 60 warga pendatang yang melaporkan kepindahannya," kata dia.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait