facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Fakta Hadji Djole Pahlawan Kota Bekasi, Berasal dari Keluarga Kaya hingga Dicap Perampok oleh Belanda

Galih Prasetyo Jum'at, 21 Januari 2022 | 19:25 WIB

Fakta Hadji Djole Pahlawan Kota Bekasi, Berasal dari Keluarga Kaya hingga Dicap Perampok oleh Belanda
Drama pengusiran penjajah di museum Perumusan Naskah Proklamasi,di Jakarta, Rabu (16/8).

Hadji Djole dikenal sebagai pahlawan yang berani melawan Belanda di wilayah Bekasi dan sekitarnya. Ia bahkan dicap perampok oleh penjajah.

SuaraBekaci.id - Sa'adah bin Hadji Eman atau lebih dikenal dengan nama Hadji Djole adalah sosok yang merupakan tokoh pimpinan jawara yang berjuang melawan Belanda selama masa perang Revolusi di wilayah Kota Patriot Bekasi.  

Sang legendaris Bekasi yang berani mengangkat senjata untuk melawan Belanda ini lahir pada tahun 1905 rupanya memiliki sejarah menarik akan perjuangan membolak balikan penjajahan Belanda pada masa itu.  

Ia adalah sosok yang paling berani berjuang dengan caranya sendiri hingga namanya bahkan dikenal menjadi momok bagi bangsa Belanda.  

Berikut fakta fakta menarik mengenai Hadji Djole, pahlawan kota Bekasi yang dikutip dari berbagai sumber:

Baca Juga: Tiga Lurah di Bekasi Dipanggil KPK Terkait Kasus Korupsi Rahmat Effendi

Terlahir Dari Keluarga Kaya 

Sejak kecil Sa'adah yang kerap disapa dengan Djole ini terlahir dari keluarga kaya pada jaman itu.  Keluarganya dikenal terpandang dan memiliki kekayaan diantara warga lain.  

Satu Keluarga Jadi Incaran  Belanda 

Tokoh yang paling banyak disebut dalam dokumen Belanda ialah Hadji Djole, mulai dari laporan intelijen, laporan patroli hingga catatan harian Belanda nama tokoh ini disebut paling banyak didalamnya. 

Rupanya tak hanya Hadji Djole yang menjadi buruan Belanda pada saat itu,  namun keluarganya adalah sang Ayah yakni Hadji Eman dan adiknya pun yakni Sa'adih bin Hadji Eman juga masuk dalam daftar pencarian pihak Belanda.  

Satu keluarga Hadji Djole masuk dalam daftar berbahaya pada masa pemerintahan Belanda.  

Didalam rumah Hadji Eman terdapat kurang lebih 30 pemuda,  10 senjata jenis revolver dan 5 buah karabyn. 

Baca Juga: KPK Buka Suara Soal Pertemuan Daring Rahmat Effendi dari Rutan

Sejumlah Peristiwa Besar Melibatkan Hadji Djole 

Sejumlah peristiwa tak main main di Bekasi tak lepas dari campur tangan Hadji Djole diantaranya pada tanggal 19 Oktober 1945 pembantaian 87 tentara Jepang di pinggir Kali Bekasi selepas stasiun Bekasi. Kemudian pembunuhan 22 tentara Inggris yang dikubur di pinggir Kali Bekasi sekitaran Kantor Polisi Bekasi.  

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait