alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Terendam Banjir Rob, 3 Desa di Karawang Terisolir

Lebrina Uneputty Selasa, 07 Desember 2021 | 12:21 WIB

Terendam Banjir Rob, 3 Desa di Karawang Terisolir
Banjir rob di Desa Sadari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang.[IST]

Bahkan, lanjut Bisri, terdapat 250 rumah yang terisolir akibat banjir rob tersebut, sehingga melumpuhkan aktifitas masyarakat setempat.

SuaraBekaci.id - Ratusan rumah di Desa Sadari, Kecamatan Cibuaya, Kabupaten Karawang terendam banjir rob sejak Sabtu (4/12/2021) hingga per hari ini Selasa (7/12/2021). Bahkan, dampak banjir itu membuat pemukiman di wilayah itu terisolir.

Kepala Desa Sedari, Bisri Mustopa mengatakan, sebanyak 750 rumah di wilayahnya itu terendam banjir rob.

"Banjir rob ada di 3 dusun, Tanjungsari, Karangsari, dan Kertasari," kata dia ketika dikonfirmasi, Selasa (7/12/2021).

Bahkan, lanjut Bisri, terdapat 250 rumah yang terisolir akibat banjir rob tersebut, sehingga melumpuhkan aktifitas masyarakat setempat.

"Ada 70 kepala keluarga di sana dan sejak 3 hari sudah tidak ada aliran listrik, dan jalannya pendidikan tersendat. Tentu ini menjadi kerugian materil juga," tutur Basri.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Desa Sadari masih terus melakukan pemantauan dan melakukan pendataan masyarakat yang terdampak banjir rob untuk meminimalisir adanya korban jiwa.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan, pihaknya meminta masyarakat yang berada di sana untuk mengevakuasi, hanya saja mereka menolak untuk dievakuasi.

"Dari dulu mereka tidak mau dievakuasi saat terjadinya banjir rob, mereka ingin tetap bertahan," tutur dia.

Meskipun begitu, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan satgas penanganan bencana di sana untuk bisa memantau dan mendata agar nantinya BPBD Kabupaten Karawang bisa mengirimkan bantuan.

"Kita sedang menunggu laporan secara tertulisnya, nanti kita bantu," ungkapnya.

Kontributor : Akhmad Nursyeha

Komentar

Berita Terkait