alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BUMN Pertani Disebut Sudah Menyalurkan 25 Ribu Ton Benih Padi Oktober Ini

Lebrina Uneputty Minggu, 24 Oktober 2021 | 12:30 WIB

BUMN Pertani Disebut Sudah Menyalurkan 25 Ribu Ton Benih Padi Oktober Ini
Ilustrasi petani padi membawa benih.[Pixabay]

Tentunya dapat mendukung kesejahteraan petani melalui program opkup atau serap gabah petani.

SuaraBekaci.id - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang Pangan, PT Pertani (Persero) telah menyalurkan benih padi sebanyak 25.203 ton hingga Oktober 2021 ini.

"Hingga Oktober 2021 ini kami memasok benih padi untuk lebih dari 1 juta hektare sawah ke lebih dari 24 provinsi di Indonesia. Dimana jumlah tersebut dapat menghasilkan sekitar 3 juta ton beras atau 10 persen dari kebutuhan beras nasional yang sebesar 30 juta ton," Demikian kata Direktur Utama PT Pertani (Persero) Maryono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu (24/10/2021).

Pasokan benih ini dituliskan, disalurkan langsung ke para petani yang diajukan Kementerian Pertanian RI melalui Direktorat Perbenihan, Direktorat Serealia, Direktorat Perlindungan Tanaman dan Hortikultura serta Dinas Pertanian Daerah baik Provinsi, Kota dan Kabupaten melalui program e-Katalog Benih Padi dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Maryono menyampaikan, produksi benih padi yang dilakukan Pertani selama ini juga dilakukan melibatkan kelompok tani. 

Tentunya dapat mendukung kesejahteraan petani melalui program opkup atau serap gabah petani.

Program tersebut dicanangkan melalui sinergi antar Kementerian baik Kementerian BUMN dan Kementerian Pertanian RI yang pada akhirnya terjadi peningkatan kesejahteraan petani.

Dirinya juga optimistis setelah merger serta tergabung dalam holding pangan yang dipimpin PT RNI .

Perusahaan akan mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari para konsumen mengingat penjualan benih PT Pertani sebelumnya cukup baik yang pada tahun 2020 disaat pandemi, penjualan benih padi PT Pertani mengalami kenaikan dengan membukukan penjualan benih padi sekitar 31.000 ton.(Antara)

Komentar

Berita Terkait