alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Antisipasi Calon Depresi akibat Gagal di Pilkades, RSUD Bayu Asih Siapkan Psikiater

Ari Syahril Ramadhan Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:29 WIB

Antisipasi Calon Depresi akibat Gagal di Pilkades, RSUD Bayu Asih Siapkan Psikiater
RSUD Bayu Asih Purwakarta, tempat korban dirawat. [Ayopurwakarta.com/Dede Nurhasanudin]

Psikiater tersebut disiapkan untuk menangani pasien rawat jalan dan calon kepala desa yang depresi akibat gagal dalam pencalonan.

SuaraBekaci.id - Kabupaten Purwakarta pada hari ini, Sabtu (16/10/2021) menggelar Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak.

Ada 170 desa yang menggelar Pilkades Serentak hari ini. Pencoblosan sendiri akan dimulai pukul 07.00 hingga pukul 13.00 WIB.

Gelaran Pilkades Serentak di Purwakarta sendiri diikuti oleh 573 calon kepala desa. Artinya, hanya 170 calon yang bakal melenggang menjadi kepala desa. Sisanya harus bisa menerima kekalahan.

Mengantisipasi adanya calon kepala desa yang gagal memenangkan Pilkades Serentak, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Kabupaten Purwakarta menyiapkan klinik kedokteran jiwa dengan dua orang dokter ahli kesehatan jiwa (psikiater).

Baca Juga: Rutin Konsumsi Jamur Bantu Turunkan Risiko Depresi, Ini Sebabnya

Psikiater tersebut disiapkan untuk menangani pasien rawat jalan dan calon kepala desa yang depresi akibat gagal dalam pencalonan.

"Sementara ini, kami belum menyiapkan ruang rawat inap khusus untuk pasien depresi, namun klinik kesehatan jiwa dengan dua psikiater sudah kita siapkan untuk penanganan pasien depresi," kata Direktur RSUD Bayu Asih Purwakarta, Dr. Agung Darwis Suriaatmadja, Sabtu (16/10/2021).

Dia mengaku belum pernah merawat mantan calon kepala desa yang mengalami depresi pascapemilihan. Klinik kesehatan kejiwaan merupakan fasilitas yang ada di RSUD Bayu Asih.

"Sejauh ini, kami belum pernah merawat pasien depresi akibat gagal dalam Pilkades," kata dr. Agung.

Dia menyarankan fokus pada pengendalian diri, tidur yang cukup dan makan teratur serta siap menerima kegagalan.

Baca Juga: Polda Banten Sebut 26 Desa Rawan di Pilkades Pandeglang

"Harus selalu dikondisikan agar mereka yang mengalami kegagalan tersebut tidak mengalami stress yang berkelanjutan sehingga fisik dan jiwanya tetap sehat seusai pemilihan," ujar dia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait