alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kurangi Beban Hutang, Waskita Jual Saham Ruas Tol Cibitung-Cilincing

Lebrina Uneputty Jum'at, 08 Oktober 2021 | 10:40 WIB

Kurangi Beban Hutang, Waskita Jual Saham Ruas Tol Cibitung-Cilincing
Foto udara sejumlah kendaran melintasi Jalan Tol Cibitung-Cilincing seksi 1 interchange Telaga Asih di Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (31/7/2021). [ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah]

Dengan transaksi divestasi ini, PT API menjadi pemegang saham menyeluruh CTPPT.

SuaraBekaci.id - Kurangi beban hutang, PT Waskita Karya (waskita) jual saham Tol Cibitung-Cilincing pada PT Akses Pelabuhan Indonesia (API).

Penjualan saham merupakan bagian dari divestasi atau pengurangan aset. Waskita melakukan transaski divestasi melalui anak perusahaan PT Waskita Toll Road (WTR) dengan PT Api untuk jual beli ruas tol Cibitung-Cilincing.

Sebelumnya, Waskita merupakan pemegang saham PT Cibitung Tanjung Priok Port Tollways (CTPPT) (ruas tol Cibitung-Cilincing) dengan kepemilikian saham 55 persen, sedangkan PT API memiliki saham 45 persen. Dengan transaksi divestasi ini, PT API menjadi pemegang saham menyeluruh CTPPT. 

Corporate Secretary Waskita (Persero) Ratna Ningrum mengatakan, transaksi divestasi jalan tol ini merupakan bagian dari 8 Stream Penyehatan Keuangan Waskita.

Baca Juga: Korupsi Bank Tripanca, Alay Diminta Kejaksaan Cicil Kerugian Negara Rp95,8 Miliar

“Transaksi ini adalah momentum dan sinyal baik bagi WTR dalam menjalankan proses bisnisnya sebagai perusahaan developer jalan tol di Indonesia. Transaksi ini juga mendukung proses restrukturisasi yang dilakukan Perseroan secara keseluruhan”, kata Ratna dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Nilai transaksi divestasi ini mencapai Rp2,44 triliun atau setara dengan 1,96x Price to Book Value (PBV), dan diperkirakan dapat mengurangi beban utang melalui dekonsolidasian hingga Rp5,82 triliun.

Pada tahun ini Waskita telah menyelesaikan proses divestasi atas 4 ruas tol, yaitu Tol Medan - Kualanamu - Tebing Tinggi, tol Semarang – Batang, tol Cinere – Serpong serta tol Cibitung – Cilincing.

Ke depannya, pihaknya juga akan melanjutkan proses divestasi untuk ruas-ruas tol lainnya.

Sebagai informasi, ruas tol Cibitung – Cilincing merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 dengan panjang 34,76 km. Rencananya ruas tol ini akan terkoneksi dengan Jalan Tol Cimanggis – Cibitung dan Jalan Tol Akses Tanjung Priok.

Baca Juga: 3 Faktor Seseorang Belum Bisa Melunasi Hutangnya Sendiri, Kok Bisa?

PT API bergerak dalam bidang penyediaan jalan akses khusus dan/atau jalan tol kepelabuhan dan fasilitas pendukungnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait