alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Prihatin Kondisi Sampah Menimbun, Seribu Relawan Serbu Kali Jambe

Lebrina Uneputty Minggu, 26 September 2021 | 17:00 WIB

Prihatin Kondisi Sampah Menimbun, Seribu Relawan Serbu Kali Jambe
Relawan yang turun dengan tangan kosong membersihkan sampah Kali Jambe. (Ist)

Mirisnya mereka yang menggunakan tangan kosong untuk meraup sedikit demi sedikit sampah yang menyebabkan kali tersebut tersumbat.

SuaraBekaci.id - Prihatin dengan kondisi Kali Jambe, Jakamulya, Tambun Selatan yang penuh dengan sampah, sejumlah masyarakat melakukan aksi Gerakan Sejuta Koin untuk Kalijambe, Seribu relawan serbu Kali Jambe.

Masyarakat yang tergabung dari Komunitas Aliansi Peduli Kalijambe menginisiasi Gerakan Sejuta Koin untuk Kali Jambe, Seribu Relawan Serbu Kali Jambe.

 Aliansi Peduli Kali Jambe kemudian mengajak sejumlah organisasi lain yang peduli terhadap Kali Jambe,  memulai aksinya sejak 16 Agustus 2021 hingga Sabtu 25 September 2021. Sedangkan puncaknya, yakni membersihkan Kali Jambe bersama-sama pada Sabtu (25/09/2021) dan hari ini Minggu (26/09/2021).

Salah satu relawan kepada Suara.com dalam keterangan tertulis mengungkapkan, aksi tersebut dilakukan secara manual. Hanya mengandalkan tangan kosong tanpa bantuan alat atau mesin pengangkut sampah.

Baca Juga: Kasus Aktif Covid-19 Kota Bekasi Sisa 43 Orang

"Kita menggunakan alat seadanya, perahu tali tambang dan karung untuk tempat sampah dari Kali Jambe," ujar Salah seorang relawan Akrom Yaskur Syaputro (21).

Sementara Ketua Aksi Seribu Relawan Serbu Kali Jambe Abdul Latip menambahkan, aksi tersebut sudah sesuai target dan untuk membersihkan Kali Jambe akan terus dilakukan.

"Alhamdullilah sudah memenuhi target untuk aksi awal kita, untuk aksi koin masih terus berlanjut sampai normalisasi dari hulu sampai hilir selesai terlaksana," tambah Abdul Latip.

Kali Jambe diketahui kerap menjadi penyebab kebanjiran di daerah sekitar karena sampah yang menumpuk.  Jika hujan datang maka air akan meluap dan membanjiri pemukiman.

Kali Jambe membentang di perbatasan wilayah Mustika Jaya Kota Bekasi dan Jaka Mulya Tambun Selatan Kabupaten Bekasi.

Baca Juga: Pendaki Asal Rawalumbu Bekasi Meninggal Dunia di Gunung Prau Jateng, Ini Kronologisnya

Hulunya terdapat di Sumur Batu Bantargebang, sementara hilirnya berada di pertemuan pintu air Kali CBL di Desa Setiajaya Kabupaten Bekasi Jawa Barat.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait