alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Panduan Cara Daftar Monetisasi Youtube

Lebrina Uneputty Rabu, 15 September 2021 | 21:05 WIB

Panduan Cara Daftar Monetisasi Youtube
Ilustrasi Youtuber (freepik)

Adsense atau monetisasi (Moneytize) Youtube, penggunanya akan mendapatkan profit dari jumlah penonton video dari iklan yang terpampang pada video.

SuaraBekaci.id - Cara daftar monetisasi (moneytize) atau menguangkan halaman youtube kamu sangatlah mudah. Platform video youtube memberi ruang bagi konten kreator, publisher atau pengguna youtube untuk menghasilkan uang dari Youtube. Adsense atau monetisasi Youtube, penggunanya akan mendapatkan profit dari iklan yang terpampang pada video, dengan nilai banyaknya penonton.

Iklan yang dihadirkan, tergantung dengan persetujuan user atau pengguna. Biasanya youtube memberikan pilihan iklan apa yang dipilih untuk ditampilkan pada penontonya, apakah iklan durasi pendek, durasi panjang atau hanya iklan mejeng, tentunya dengan profit pendapatan yang berbeda-beda.

Ketika mendaftar untuk monetisasi youtube, maka pilihan itu akan disajikan pada user. Sebelum memilih pastikan mendaftar. Cara mendaftarnya, simak baik-baik langkah berikut.

Perhatikan cara daftar Adsense yang mudah dan praktis, berikut ini.

Baca Juga: Berapa Gaji Anggota DPR RI? Krisdayanti Bocorkan Detail Gaji Fantastis Wakil Rakyat

Apa saja syarat saftar moneytisasi  youtube?

Ilustrasi Youtuber. (Unsplash/Thomas William)
Ilustrasi Youtuber. (Unsplash/Thomas William)

Adsense Youtube atau monetize salah satu sumber penghasil uang yang cukup menjanjikan. Itulah sebabnya Anda sering menemukan channel Youtube yang rata-rata mengaktifkan iklan pada videonya.

Adapun syarat daftar Adsense di antaranya adalah jumlah subscriber, akun yang telah terverifikasi, tidak melakukan spam, dan telah memiliki setidaknya 4000 jam tayang dalam kurun waktu 12 bulan.

Pengguna wajib memiliki akun YouTube terlebih dahulu. Pendaftaran akun YouTube menggunakan Gmail. Cara daftar Adsense cukup mudah:

Pertama, langsung saja masuk ke YouTube.com dengan email yang aktif. Hal yang harus Anda lakukan adalah menekan Icon Profile, kemudian pilih Setting.

Baca Juga: Beredar Iklan 'Aku Bukan Homo' di YouTube Kids, Ini Tanggapan Menteri Bintang Puspayoga

Langkah berikutnya adalah kembali klik Icon Profile, lalu pilih Creator Studio. Tujuannya adalah untuk masuk ke dalam studio dashboard akun Anda sendiri.

Panduan Cara Daftar Monetisasi Youtube - 2

Creator Studio ini adalah dashboard yang dikembangkan oleh google untuk memudahkan para content creator video di platform YouTube.

Anda bisa mengajukan akun Adsense walaupun belum ada video yang diunggah. Langsung saja tekan Other features, lalu pilih Monetization. Halaman tersebut merupakan tahap-tahap yang harus Anda lakukan untuk mendaftar YouTube Adsense.

Cukup mudah dipahami, bukan? Jadi, tunggu apa lagi. Segera coba cara daftar Adsense di atas! Pastikan
tidak ada syarat dan tahapan yang terlewat, ya.

Setelah berhasil mendaftar, hal penting selanjutnya adalah Anda harus memahami bagaimana cara setting iklan.

Setidaknya terdapat empat jenis tampilan iklan yang disediakan oleh YouTube. Di antaranya adalah Overlay Ads, Display Ads, Sponsored Card, dan Skippable Video Ads.

Dari keempat jenis tampilan iklan tersebut, biasanya yang paling berpotensi mendapatkan uang banyak adalah tipe Skippable Video Ads.

Langkah-langkah di atas adalah cara daftar Adsense paling mudah dan praktis. Selamat mencoba!

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait