alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Membersihkan Rumah ala Jepang, Tips dari Marie Kondo Pakai Metode KonMari

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 10 September 2021 | 11:10 WIB

Cara Membersihkan Rumah ala Jepang, Tips dari Marie Kondo Pakai Metode KonMari
Marie Kondo. (Instagram/@mariekondo)

Cara membersihkan rumah dengan sederhana namun efektif dan sedikit usaha.

SuaraBekaci.id - Cara membersihkan rumah ala Jepang. Ini adalah tips dari Marie Kondo menggunakan metode KonMari.

Dalam bukunya yang berjudul "The Life-Changing Magic of Tidying Up: The Japanese Art of Decluttering and Organizing" Marie Kondo mengajarkan metode "KonMari". Cara membersihkan rumah dengan sederhana namun efektif dan sedikit usaha.

Baru-baru ini, membersihkan rumah ala Jepang mulai marak dipraktekkan.

Kebiasaan membersihkan rumah nan efisien itu didorong oleh gaya hidup yang diajarkan Marie Kondo, seorang penata rumah profesional Jepang.

Baca Juga: Kebakaran Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Makedonia Utara Tewaskan 10 Orang

Dilansir dari laman Frugal Overload, berikut cara membersihkan rumah ala Jepang dengan metode KonMari dari Marie Kondo.

1. Buang barang yang tidak membawa kebahagiaan

Salah satu hal yang harus dilakukan ketika membersihkan rumah adalah menyingkirkan barang-barang yang terlihat berantakan.

Sayangnya, kekacauan dan kesan berantakan ini seringkali membuatmu merasa kesal. Oleh karena itu, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah membuang hal-hal yang tidak dibutuhkan, atau inginkan.

Untuk menghilangkan rasa "sayang", Kondo menyarankan kita untuk menanyakan pada diri sendiri, "Apakah barang ini membuatku merasa bahagia?"

Baca Juga: 4 Poin Penjelasan Sentul City Soal Rumah Rocky Gerung

Jika jawabannya ya, simpan di tempat penyimpanan sesuai kategorinya. Namun jika tidak, segera buang barang tersebut.

2. Rapikan barang berdasar kategori

Pada tips pertama, Kondo menyebutkan untuk menyimpan barang sesuai kategorinya. Misalnya, kategori pakaian ditempatkan di satu tempat khusus. Sebelum itu, periksa pakaian mana yang masih bisa dipakai, mana yang kekecilan dan mana yang sudah tidak up to date.

Jika masih memiliki banyak baju layak, kamu bisa menyumbangkannya. Namun jika terlalu buruk, kamu bisa menyingkirkannya.

Sementara itu, untuk pakaian musiman, kamu juga bisa menyimpannya tersendiri. Jangan lupa beri label pada setiap wadah untuk memudahkan saat baju akan dipakai.

3. Lipat barang secara vertikal

Untuk menghemat ruang dan menghindari pakaian mudah berantakan, Kondo menyarankan melipatnya secara vertikal.

Selain itu, Kondo juga menyarankan untuk melipat apa yang biasa kamu gantung. Misalnya, daripada digantung, kemeja lebih baik dilipat dan disimpan di laci pakaian

Cara menyimpan pakaian pun sebaiknya dilakukan secara berdampingan atau berjejer alih-alih menumpuknya. Cara ini dipilih untuk memudahkanmu dalam memilih pakaian tanpa membuatnya berantakan.

4. Manfaatkan kotak sepatu

Hampir setiap orang memiliki kotak sepatu bekas yang sering dibiarkan tergeletak begitu saja. Padahal, menurut Kondo kotak sepatu merupakan tempat terbaik yang bisa dipakai kembali untuk menyimpan barang-barang

5. Luangkan satu hari penuh untuk membersihkan rumah

Saat memutuskan untuk membersihkan rumah, sebaiknya siapkan waktu seharian penuh. Membagi beberapa hari untuk membersihkan rumah justru tidak akan efektif dan memakan waktu lebih lama

6. Hidup di masa sekarang

Salah satu pikiran yang harus ditanamkan saat membuang barang adalah move on supaya tidak mengingat kenangan pada barang tersebut.

Cara ini dipercaya Kondo dapat membuat kita memandang hidup ke depan dan mencari tahu mana yang akan membuat bahagia dan sekedar menyimpan kenangan kemudian membuat rumah berantakan

7. Berterima kasih pada barang yang disingkirkan

Di Jepang, mereka menganggap setiap barang memiliki jiwa. Dengan demikian, Kondo menyarankan kita mengucapkan terima kasih atas apa yang telah diberikan barang-barang itu selama ini sebelum dibuang.

Cara ini juga digunakan sebagai bentuk apresiasi sebelum membuang barang yang sudah tidak lagi kita butuhkan.

(Hillary Sekar Pawestri)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait