alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Wisatawan Asal Bekasi Positif Covid-19 saat Hendak ke Kawasan Borobudur

Antonio Juao Silvester Bano Minggu, 27 Desember 2020 | 01:06 WIB

Wisatawan Asal Bekasi Positif Covid-19 saat Hendak ke Kawasan Borobudur
ILUSTRASI Petugas kesehatan tengah melakukan rapid test antigen kepada warga. [Antara]

Dua orang wisatawan tersebut telah diminta tidak melanjutkan perjalanan dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

SuaraBekaci.id - Seorang wisatawan asal Bekasi positif Covid-19 saat hendak berkunjung ke Kawasan Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (26/12/2020).

Wisatawan asal Bekasi itu diketahui positif Covid-19 berdasarkan rapid test antigen Covid-19 yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng di Gedung Tourist Information Center (TIC) Borobudur.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Oktora Kunto Edi mengatakan, sebanyak 115 wisatawan yang hendak berkunjung ke Kawasan Borobudur menjalani rapid test antigen.

Dua di antaranya positif Covid-19. Satu orang berasal dari Bekasi dan lainnya Bogor.

Baca Juga: Angka Penyebaran Covid-19 Belum Turun, Pemkab Bekasi Perpanjang PSBM

Dua orang wisatawan tersebut telah diminta tidak melanjutkan perjalanan dan menjalani isolasi mandiri di rumah.

Nantinya, hasil rapid test antigen itu diberikan ke puskesmas terdekat agar dapat dilakukan monitoring dari petugas puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti mengatakan kegiatan ini merupakan inspeksi mendadak (sidak), bukan pelayanan.

"Kami memang sidak untuk mengetahui kesiapan dari para wisatawan dalam melengkapi perjalanannya di kawasan Borobudur. Kegiatan ini dilakukan dua hari, pada 25 Desember 2020 dan nanti pada 31 Desember 2020," katanya.

Ia menyebutkan sasaran dalam satu hari sebanyak 100 wisatawan, diprioritaskan pada pelaku perjalanan wisata dari zona merah dan juga di luar Jateng.

Baca Juga: Mobil Pembobol ATM Terjebak Rombongan Kapolres Bekasi, 3 Ditangkap

"Rapid test antigen ini gratis dan mereka pulang kami berikan surat keterangan resmi (dengan keterangan) yang bersangkutan positif atau negatif," katanya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait