alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Mengenal Cara Berdagang Rasulullah SAW

Lebrina Uneputty Senin, 27 September 2021 | 09:55 WIB

Mengenal Cara Berdagang Rasulullah SAW
Ilustrasi (Unsplash @sndir)

Beberapa strategi ini pernah dilakukan Uswatun Hasanah kita

SuaraBekaci.id - Cara berdagang Rasulullah SAW patut untuk diketahui, karena bisa menjadi inspirasi dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.  Melansir Harapanrakyat.com, berikut berbagai cara baginda rasul berdagang.

Seperti yang sudah Allah SWT firmankan kepada kita. Seluruh yang ada di langit dan bumi, hendaknya kita jadikan untuk tetap bertahan hidup serta mensyukuri atas nikmat yang sudah Allah berikan kepada kita.

Berdagang merupakan salah satu profesi yang populer. Disamping itu juga, terkadang sebagian dari kita menggunakan cara tersendiri guna mendapatkan keuntungan.

Namun mereka juga tidak mempertimbangkan, cara mana yang sesuai dengan syariat Islam. Hanya keuntungan saja yang sudah mendominasi isi kepala mereka.

Untuk cara berdagang Rasulullah SAW yang pertama adalah Baginda Rasul selalu bersikap jujur. Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya sifat rasul itu ada empat.

Salah satunya adalah Siddiq yang memiliki arti jujur.  Dalam berdagang, Nabi Muhammad SAW selalu jujur dalam perkataan maupun perbuatannya.

Tidak pernah sekalipun berbohong dan melakukan sikap yang munafik. Apalagi, perihal mengurangi berat timbangan barang.

Misalnya saja, jualan 1 kg gula, maka benar-benar akan menimbang dan menakarnya sebanyak 1 kg. Tidak kurang dan juga tidak lebih.

Bukan hanya itu saja, akan tetapi kejujuran dari Uswatun Hasanah kita ini, bisa kita lihat ketika Rasul mengatakan kualitas benda.

Apabila barang tersebut mempunyai kualitas bagus, maka Rasul akan mengatakan bagus.

Komentar

Berita Terkait