alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Saking Penuhnya, Wisma Atlet Pulangkan Pasien COVID-19 Sebelum Sembuh

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 25 Juni 2021 | 15:21 WIB

Saking Penuhnya, Wisma Atlet Pulangkan Pasien COVID-19 Sebelum Sembuh
Seorang tenaga kesehatan mengendarai kendaraan yang membawa sepatu untuk disterilkan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (15/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidaya

Meski dipulangkan, pasien yang sudah membaik namun masih positif ini tetap diwajibkan untuk isolasi mandiri selama 14 hari, jika rumahnya memungkinkan untuk isolasi.

SuaraBekaci.id - Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran pulangkan pasien COVID-19 sebelum sembuh atau negatif.Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kolonel Kes. dr. Minforo Sumego, MS menjelaskan, pasien tersebut sudah menunjukkan perbaikan kondisi sehingga dipulangkan agar pasien lain bisa masuk.

Meski dipulangkan, pasien yang sudah membaik namun masih positif ini tetap diwajibkan untuk isolasi mandiri selama 14 hari, jika rumahnya memungkinkan untuk isolasi.

"Pasien itu lama tinggal di kita itu rata-rata 10 hari, dan di hari ke-7 itu rata-rata sudah sehat bagus, kita periksa hasil PCR-ya memang ada yang positif tapi CT-nya sudah sangat tinggi dan tidak ada gejala," kata Minforo dalam jumpa pers virtual, Jumat (25/6/2021).

Keputusan memulangkan pasien meski belum negatif ini, kata Minforo harus seizin Dokter Penanggung Jawab Pasien (DPJP).

Baca Juga: Pasien Belum Negatif Covid-19 Sudah Dipulangkan, Ini Penjelasan Wisma Atlet

"Pada perjalanannya akhirnya untuk memenuhi pasien yang CT rendah akhirnya pasien itu kita pulangkan dengan syarat isolasi mandiri di rumah selama 14 hari lagi," jelasnya.

Prajurit Korps Marinir TNI AL memberi hormat kepada mendiang Liza Putri Noviana di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (24/6/2021).  ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Prajurit Korps Marinir TNI AL memberi hormat kepada mendiang Liza Putri Noviana di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Kamis (24/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pasien tersebut juga masih diwajibkan berkomunikasi dengan Wisma Atlet saat isolasi mandiri, agar perkembangan kesehatannya sesuai pengawasan tenaga kesehatan.

"Pasien pun menyadari hal itu karena kita berikan penjelasan secara baik-baik, karena makin banyak yang masuk Wisma Atlet dengan CT di bawah 20," pungkasnya.

Untuk diketahui, saat ini Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat terisi 6.713 pasien positif Covid-19 atau 85 persen dari total 7.894 tempat tidur yang tersedia.

Ribuan pasien bergejala ringan hingga sedang itu tengah dirawat di tower 4, 5, 6, dan 7.

Baca Juga: COVID-19 Menggila, Ridwan Kamil Salahkan Pemerintah Pusat Berikan Libur Panjang

Sejak beroperasi 23 Maret 2020, RSD Wisma Atlet Kemayoran telah didatangi berbagai kategori pasien Covid-19 hingga jumlahnya mencapai 100.332 orang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait