facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Inspiratif! Tidak Pernah Rangking di SMP, Raja Muhammad Jadi Mahasiswa Termuda di UGM

Galih Prasetyo Rabu, 03 Agustus 2022 | 16:30 WIB

Inspiratif! Tidak Pernah Rangking di SMP, Raja Muhammad Jadi Mahasiswa Termuda di UGM
Raja Muhammad Hayuri Islami, mahasiswa termuda UGM - (SuaraJogja.id/HO-UGM)

Di SMP mungkin lagi masa pubertas, biasa saja tidak rangking, ucapnya.

SuaraBekaci.id - Raja Muhammad Hayuri Islami menyandang status sebagai mahasiswa di usia yang sangat muda 15 tahun. Raja adalah mahasiswa termuda di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Raja ialah mahasiswa asal Pekanbaru, Riau. Pada upacara penerimaan mahasiswa baru di lapangan Grha Sabha Pramana, Senin (1/8/2022), Raja dipanggil maju ke depan panggung oleh Rektor UGM, Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Sp.OG (K), Ph.D., dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Cerita Raja bisa menjadi mahasiswa termuda di UGM sangat inspiratif. Raja seperti dikutip dari laman UGM, mengatakan bahwa dirinya masuk ke sekolah dasar pada umur 5 tahun.

Meski sangat belia, Raja mengatakan bahwa rekan-rekannya saat itu tidak mengetahui usianya itu. Ia juga mengaku tidak terganggung dengan usianya yang masih sangat muda itu.

Baca Juga: Sosok Mahasiswa Termuda UGM

“Sejak SD tidak terlalu terganggu, tidak ada yang peduli dengan usia saya yang muda tidak ada yang terlalu memperhatikan,” ucap Raja kepada ugm.ac.id

Meski sangat muda, sejak SD, Raja mengaku tidak kesulitan untuk bisa mengikuti pelajaran. Malah kata Raja, dirinya selalu berada di tiga besar.

Akan tetapi, saat berada di Sekolah Menengah Pertama (SMP), Raja mengaku dirinya tidak pernah mendapat rangking kelas.

“Di SMP mungkin lagi masa pubertas, biasa saja tidak rangking,” ucapnya.

Nah, saat tiba Sekolah Menengah Atas (SMA), Raja kemudian mendaftarkan diri ke program akselerasi pada semester dua dan ia diterima program akselerasi di kelas IPS. Di kelas IPS hanya ada tujuh orang anak yang lolos program akselerasi.

Baca Juga: Begini Sosok Mahasiswa Termuda UGM, Masih Berusia 15 Tahun

Lewat program akselerasi itu, Raja kemudian mampu menyelesaikan bangku MAN Negeri 2 Pekanbaru hanya dalam waktu dua tahun.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait