facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hasil Survei Terbaru Capres di Pilpres 2024, Ridwan Kamil Bersaing Ketat dengan Anies Baswedan

Galih Prasetyo Selasa, 05 Juli 2022 | 19:45 WIB

Hasil Survei Terbaru Capres di Pilpres 2024, Ridwan Kamil Bersaing Ketat dengan Anies Baswedan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Gubernur DKI Anies Baswedan saat menyaksikan penandatanganan kerja sama BUMD PT. Kampung Makmur Sumedang dengan PT. Food Station Tjipinang Jaya dan Perumda Pasar Jaya Pemda Provinsi DKI Jakarta di Gudang PT. Kampung Makmur, Kabupaten Sumedang, Jumat (11/6/2021). [ANTARA/HO-Pemprov Jabar]

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dari hasil survei sigi CiGMark menunjukkan kenaikan elektabilitas sebagai calon presiden (Capres)

SuaraBekaci.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dari hasil survei sigi CiGMark menunjukkan kenaikan elektabilitas sebagai calon presiden (Capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Nama Ridwan Kamil masuk dalam empat teratas bersama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Survei CiGMark dilakukan dengan berbagai skema kepada responden. Pertama, survei dilakukan dengan menyodorkan 18 nama melalui pertanyaan terbuka. Hasilnya, Ganjar berada di posisi teratas dengan 14,1 persen, Prabowo 11,7 persen, Anies 9,5 persen dan Ridwan 4 persen.

"Survei dilaksanakan 9-17 Juni 2022, jumlah responden 1200 dan menggunakan metode multistage random sampling. (Pengambilan sampel dengan) wawancara tatap muka menggunakan computer assisted personal interview," kata Founder CiGMark, Setia Darma mengutip dari Wartaekonomi--jaringan Suara.com

Baca Juga: Klaim Dua Kali Menangkan Jokowi di Dua Periode Kepemimpinanya, Fachrul Razi Usung Satu Nama di Pilpres 2024

Dari hasil survei terbaru, empat nama tidak berubah dalam skema pertanyaan semi terbuka 18 nama capres. Ganjar teratas dengan dipilih 24,4 persen responden diikuti Prabowo 23 persen, Anies 15 persen dan Ridwan 9,5 persen.

"Dari data survei ini menunjukkan temuan baru bahwa saat ini ada empat nama capres yang berada di papan atas, di mana sebelumnya hanya ada tiga nama. Jadi telah terjadi perubahan dalam konfigurasi capres,"

Namun, empat nama yang menempati posisi teratas dalam dua skema berbeda bisa berpelung terjadinya perubahan konstelasi, hal ini disebabkan jumlah swing voter terpotret besar.

Dalam skema pertanyaan terbuka responden yang tidak tahu, tidak jawab atau belum memutuskan sebanyak 9,1 persen. Pada skema lainnya swing voters bahkan terpotret 54,8 persen.

Selain tingkat elektabilitas, sigi CiGMark juga memotret tingkat pengenalan (popularitas) dan kesukaan (akseptabilitas) tokoh potensial capres. Dari 18 nama yang diuji tingkat popularitas Prabowo tertinggi dengan 95,83 persen disusul Anies 83,72 persen, dan Sandiaga 83,2 persen.

Baca Juga: Kasusnya Segera Disidangkan, Petugas Keamanan Rumah Doni Salmanan Ungkap Fakta Mengejutkan

Urutan berikutnya Ridwan Kamil dengan 80,1 persen, Ganjar 68,3 persen, Puan Maharani 68,2 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 67,6 persen, Surya Paloh 55,7 persen dan Erick Tohir 50,5 persen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait