alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

FIFA Sejajarkan Abdul Kadir, Legenda Indonesia dengan Bobby Charlton

Galih Prasetyo Selasa, 11 Januari 2022 | 19:00 WIB

FIFA Sejajarkan Abdul Kadir, Legenda Indonesia dengan Bobby Charlton
Abdul Kadir

Abdul Kadir masuk ke dalam FIFA Century Club, legenda Persebaya ini sejajar dengan Bobby Charlton.

SuaraBekaci.id - Legenda sepak bola, Abdul Kadir menjadi satu-satunya pemain asal Indonesia yang masuk ke dalam daftar FIFA Century Club.

FIFA Century Club adalah daftar pesepak bola pria yang mencatat 100 penampilan atau lebih untuk timnas negaranya. Daftar ini sendiri baru dirilis FIFA pada akhir tahun lalu.

Dalam rilis terbaru itu, Abdul Kadir yang merupakan seorang winger lincah milik Persebaya sejajar dengan sejumlah legenda sepak bola dunia seperti legenda Manchester United, Bobby Charlton hingga mantan bomber Chelsea, Didier Drogba.

Di catatan FIFA tersebut, Abdul Kadir memiliki 105 caps untuk timnas Indonesia. Jumlah caps yang sama juga ditorehkan oleh Bobby Charlton, Didier Drogba, hingga mantan bek Inter, Lucio.

Baca Juga: Ucapkan Kata Ini, Shin Tae-yong Bikin Deddy Corbuzier Ngakak

Jika merujuk pada data dari rsssf, Abdul Kadir sendiri tercatat sudah 111 caps membela timnas Indonesia. Namun FIFA hanya mencatat 105 caps untuk level A di pertandingan internasional.

Abdul Kadir lahir di Denpasar pada 27 Desember 1948. Ia dikenal sebagai pemain Indonesia yang sangat lincah dari sektor sayap kiri.

Abdul Kadir ialah salah satu penggawa timnas Indonesia saat masih dilatih pelatih asal Yugoslavia, Tony Pogacnik. Ia juga sempat merasakan dilatih oleh Endang Witarsa hingga Djamiat Dhalhar.

Debut pemain yang dijuluki Si Kancil itu sendiri saat Indonesia tampil Ganefo (cikal bakal Asian Games) 1964 di Pyongyang. Saat itu usia Kadir masih 16 tahun.

Saat legenda sepak bola dunia, Pele datang ke Indonesia dan diundang ke TVRI, Abdul Kadir yang menemani pemain asal Brasil itu saat unjuk skill di hadapan televisi.

Baca Juga: Timnas Indonesia Hadapi Bangladesh, Kompetisi Liga 1 Dipastikan Libur

Abdul Kadir juga yang menjadi salah satu pemain yang membela Indonesia saat melawan Israel di kualifikasi Olimpiade Munich 1972. Sayang pada laga itu, Indonesia kalah 0-1 dari Israel.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait