alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Mengusir Semut di Rumah Bukan Pakai Bahan Kimia

Pebriansyah Ariefana Senin, 10 Januari 2022 | 13:09 WIB

Cara Mengusir Semut di Rumah Bukan Pakai Bahan Kimia
Ilustrasi semut merah. (Pixabay/Bui Minh Chung)

Hanya saja kita bisa usir semut dengan bahan-bahan alami, bukan pakai bahan kimia.

SuaraBekaci.id - Semut, binatang kecil tapi cukup mengganggu jika mereka bersarang di rumah Anda. Terlebih jika semut-semut itu mengambil beberapa makanan dan memakannya.

Hanya saja kita bisa usir semut dengan bahan-bahan alami, bukan pakai bahan kimia.

Dilansir dari laman Rentokil, berikut 6 cara mengusir semut:

1. Cuka

Baca Juga: 6 Bahan Alami Pembasmi Semut yang Mudah Ditemukan, Dijamin Ampuh

Untuk membasmi semut, campurkan cuka dan air dengan perbandingan 1:1. Setelah dicampur, semprotkan cairan langsung ke semut, lalu usap semut menggunakan tisu basah lalu buang.

Sebagai pencegahan, semprotkan cairan cuka ke wilayah yang biasa dilewati semut seperti ambang jendela dan pintu.

2. Mint

Salah satu bahan alami pembasmi semut yang mudah untuk ditemukan adalah peppermint. Selain membelinya, peppermint juga dapat ditanam sendiri di rumah.

Salah satu hal yang paling dibenci semut dari peppermint adalah baunya yang menyengat. Jadi, coba tempatkan peppermint di sekitar pintu masuk dan beberapa lubang yang mungkin dihuni oleh semut.

Baca Juga: Keseringan Taruh Kopi di Samping Laptop, Pas Dibongkar Bagian Dalamnya Bikin Merinding

Apabila menggunakan peppermint oil, coba teteskan minyak peppermint pada bola kapas an seka di area rumah-rumah semut.

3. Kayu Manis

Aroma menyengat yang khas pada kayu manis rupanya juga tidak disukai semut. Saat menghirupnya, semut bisa langsung lemas lalu mati.

Cara menggunakan kayu manis untuk mengusir semut yaitu taburkan bubuk kayu manis ke area lubang sarang semut. Selain itu, bisa juga menggunakan cara membuat semprotan dari lautan kayu manis.

4. Jus Lemon

Sama seperti cuka, jus lemon juga dapat menghancurkan jejak aroma yang biasanya diikuti semut. Caranya, campurkan jus lemon dan air dengan perbandingan 1:3.

Setelah itu, cukup semprotkan langsung ke semut atau ke wilayah yang biasa dilintasinya.

5. Food-Grade Diatomaceous Earth (DE)

Bubuk Diatomaceous Earth rupanya dengan standar food grade rupanya juga cukup ampuh untuk mengusir semut. Bubuk ini sendiri terbuat dari sisa-sisa fosil fitoplankton. Sisi-sisi yang tajam pada DE dapat membuat semut menderita secara perlahan sebelum akhirnya tubuh mereka mengering.

Caranya, cukup taburkan lapisan DE di ambang jendela, bawah lemari, sekitar tong sampah, dan tempat lain yang biasa dihuni semut.

6. Cabai Rawit atau Lada Hitam

Baik lada hitam maupun cabai rawit merupakan bumbu dapur yang sangat dibenci oleh semut. Anda dapat dengan mudah menggunakannya dengan cara menaburkan bubuk cabai atau lada hitam di wilayah semut.

Selain itu, Anda juga bisa membuat larutan lada hitam dan air untuk kemudian disemprotkan langsung ke semut. Semprotan ini tidak akan membunuh semut, namun akan membuat mereka enggan kembali ke tempat tersebut.

Demikian cara mengusir semut di rumah pakai bahan-bahan alami.

(Hillary Sekar Pawestri)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait