facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sejarah Kawasan Industri Cikarang

Pebriansyah Ariefana Rabu, 29 September 2021 | 11:43 WIB

Sejarah Kawasan Industri Cikarang
Kawasan Industri Cikarang (Jababeka.com)

Anda bisa mengakses kota Jababeka dari jalan tol Bekasi-Cikampek (jalan raya) dan gerbang tol Cikarang Barat dan Lemahabang kilometer 31 (pintu keluar tol di kilometer 28).

SuaraBekaci.id - Sejarah kawasan Industri Cikarang. Kawasan Industri Cikarang awalnya dikembangkan oleh PT Jababeka TBK.

PT Jababeka TBK merupakan perusahaan pengembang kawasan industri terbuka pertama di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1989 dan sejak tahun 1994 tercatat dalam Bursa Efek Jakarta dan Surabaya. Kota Jababeka sendiri terletak 35 km di sebelah timur dari pusat bisnis Jakarta dan mencakup daerah Cikarang.

Anda bisa mengakses kota Jababeka dari jalan tol Bekasi-Cikampek (jalan raya) dan gerbang tol Cikarang Barat dan Lemahabang kilometer 31 (pintu keluar tol di kilometer 28).

Anda akan menempuh jarak antara Kota Jababeka dan Jakarta Pusat sekitar 1-1,5 jam menggunakan mobil.

Baca Juga: Polisi Sita Sepeda Motor Curian dari Rumah Kontrakan, Jumlahnya Bikin Viral: 25 Unit

Kota Jababeka sendiri merupakan sebuah pengembangan kota mandiri yang sudah matang, dan sekitar 60 persem sudah dikembangkan dari total 5.600 hektar lahan.

Kota ini berbasis industri mandiri yang terbagi atas 1.650 lokal dan multinasional perusahaan yang berasal dari diatas 30 negara seperti Belanda Singapura, Taiwan, Malaysia, Jepang, dan negara lainnya.

Kawasan industri menawarkan solusi bagi pembangunan industri yang komprehensif dan bermanfaat bagi hampir semua jenis perusahaan, salah satunya adalah tanah dan bangunan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pabrik.

Kawasan ini menawarkan berbagai pilihan bagi peminatnya, seperti industrial land lot yang tersedia dalam ukuran berdasarkan permintaan pelanggan, build-to suit factory yang merupakan pabrik-pabrik yang dirancang untuk berbagai macam kegunaan, biz park Jababeka yang merupakan pergudangan paling modern di Cikarang dengan fasilitas terbaik, serta logistic building yang dirancang untuk mengakomodasi kegiatan jaringan pasokan barang dan logistic.

Selain kawasan industri, Jababeka juga memiliki perumahan dan komersial, yang dibagi menjadi residence, high rise residence, dan senior living. Jangan Khawatir, Jababeka juga menyediakan jaringan transportasi umum, tempat perbelanjaan, sarana rekreasi, tempat hiburan dan perhotelan seperti Tanjung Lesung, Morotai, Golf & Country Club, President Lounge, Metro Suites, Metro Hotel, dan Botanic Garden.

Baca Juga: Ternyata Begini Asal Muasal Indonesia Menggunakan Setir Kanan

Tak lupa juga terdapat pembangkit listrik, dua tempat pengolahan air bersih, dua tempat pengolahan air limbah dan fasilitas lainnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait