alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sudah Beruban di Usia Muda? Begini Cara Atasinya

Lebrina Uneputty Minggu, 26 September 2021 | 15:10 WIB

Sudah Beruban di Usia Muda? Begini Cara Atasinya
Ilustrasi. [shutterstock]

Hal itu bisa dipicu oleh faktor genetik atau gaya hidup.

SuaraBekaci.id - Tumbuh rambut putih atau uban merupakan proses alami seiring bertambahnya usia. Namun bagaimana jika uban tumbuh saat usia masih tergolong muda. Hal itu bisa dipicu oleh faktor genetik atau gaya hidup.

Berikut adalah cara mengatasi uban yang muncul di usia muda agar tidak bertambah banyak yang dilansir dari berbagai sumber.

  •  Berhenti merokok

Mengutip Italian Dermatology Online Journal, salah satu penyebab munculnya uban di usia muda salah satunya adalah karena adanya kebiasaan merokok. Hal ini disebabkan karena kebiasaan buruk merokok dapat menyebabkan rusak dan menyusutnya folikel rambut. Belum lagi rokok juga dapat menyebabkan hilangnya pigmentasinya sehingga uban bisa muncul walau usia masih relatif muda.

Dalam Italian Dermatology Online Journal dijelaskan bahwa seorang perokok dinilai lebih rentan mengalami ubanan di usia muda, bahkan sebelum usianya menginjak 30 tahun.

  • Gunakan minyak almond dan jus lemon

Minyak almond memiliki Vitamin E yang sangat bermanfaat untuk rambut. Kandungan ini juga dapat memelihara akar rambut dan mencegah rambut dari uban. Adapun untuk jus lemon tidak hanya menambah kilau dan volume pada rambut, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Minyak almond dan jus lemon keduanya merupakan bahan yang mudah didapat daripada yang dapat membantu Anda menghilangkan uban secara alami.

Dikutip dari Be Beautiful, cara menggunakannya pun cukup mudah, campur minyak almond dan jus lemon dalam wadah dengan takaran 2:3. Pijat dengan baik di kulit kepala dan rambut. Cuci bersih setelah 30 menit.

  • Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral

Setiap bagian tubuh pastinya membutuhkan dua hal penting ini. Jika uban kerap muncul di rambut cobalah untuk bertanya apakah nutrisi yang selama ini Anda berikan sudah cukup atau belum?

Munculnya uban biasanya disebabkan karena kurangnya sejumlah vitamin penting yang seharusnya terpenuhi, seperti vitamin B12, biotin (B7), D, E, dan A. Oleh karena itu, vitamin-vitamin tersebut perlu dipenuhi setiap harinya.

Tidak hanya vitamin, kebutuhan akan mineral juga harus dipenuhi. Kebutuhan harian Anda akan zinc, zat besi, magnesium, selenium dan tembaga juga harus selalu diperhatikan untuk mencegah munculnya uban di usia muda.

  • Gunakan minyak urang-aring

Urang-aring sudah sejak lama baik untuk mempertahankan rambut tetap hitam dan subur. Bahan ini bahkan sudah sangat familiar di masyarakat untuk mencegah uban di usia muda. Minyak urang-aring sangat mudah didapatkan, Anda dapat membelinya di toko terdekat. Anda juga bisa membuatnya sendiri,Anda hanya perlu merebus daun urang aring dengan minyak kelapa atau wijen. Setelah itu, oleskan langsung ke rambut.

Komentar

Berita Terkait