alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Siapa Ustadz Adi Hidayat? Pendidikan dan Keluarganya, Baca Profilnya Disini

Lebrina Uneputty Kamis, 16 September 2021 | 18:22 WIB

Siapa Ustadz Adi Hidayat? Pendidikan dan Keluarganya, Baca Profilnya Disini
Ustadz Adi Hidayat.[YouTube/Adi Hidayat Official]

Siapa Ustadz Adi Hidayat sebenarnya? Profil Ustadz Adi Hidayat pun menjadi perhatian banyak pihak.

SuaraBekaci.id - Siapa yang tak kenal ustadz yang satu ini Adi Hidayat, guru ngaji kondang yang banyak menyebarkan ilmu secara online maupun offline. Ceramahnya banyak menjadi rujukan umat islam dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Lalu siapa Ustadz Adi Hidayat, apa pendidikan dan latarbelakang keluarganya?

Ustaz Adi Hidayat.  [Youtube Adi Hidayat Official]
Ustaz Adi Hidayat. [Youtube Adi Hidayat Official]

Profil Ustadz Adi Hidayat pun menjadi perhatian banyak pihak.

Semua bermula dari video-video ceramah yang diunggahnya di Youtube dan ditonton  jutaan kaum muslim Indonesia. Dikutip dari Suara.com, berikut profil Ustadz Adi Hidayat:

Latar belakang keluarga Ustadz Adi Hidayat

Baca Juga: Profil Ustadz Adi Hidayat: Pendidikan, Jejak Karier hingga Karyanya

Ustadz Adi Hidayat memiliki gelar LC, MA. Dia lahir di Pandeglang, Banten, 11 September 1984. Ustadz Adi Hidayat lahir dari pasangan Warso Supeno dan ibu Hj. Rafiah Akhyar.

Ustadz memiliki saudara kandung di antaranya Ade Rahmat, Neng Inayatin, Ima Rakhmawati, dan Ita Haryati. Istrinya bernama Shufairok dan memiliki dua orang anak. Ustadz Adi Hidayat sendiri telah mendirikan Quantum Akhyar Institute dan bekerja menjadi penceramah.

Pendidikan Ustadz Adi Hidayat

Bisa dibilang riwayat pendidikan Ustadz Adi Hidayat tentang agama juga terbilang tinggi. Berikut latar belakang pendidikan dalam profil Ustadz Adi Hidayat.

Mengawali pendidikan di TK Pertiwi Pandeglang tahun 1989. SDN Karaton 3 Pandeglang sampai kelas 3 SD
Kelas 4SD pindah ke SDN II Pandeglang sampai tamat SD. Ustadz Adi Hidayat melanjutkan pendidikan di SMP 1 Pandeglang, Banten.

Baca Juga: 4 Hajat Saat Sholat Tahajud Agar Sukses Dunia Akhirat

Ustadz Adi Hidayat pindah ke sekolah agama, Madrasah Salafiyyah Sanusiyyah Pandeglang setelah bercerita ke orang tuanya kalau dia mimpi bertemu Nabi Muhammad SAW.

Tamat dari Madrasah, Adi Hidayat melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Garut di tahun 1997.

Tamat dari pesantren, Ustadz Adi Hidayat melanjutkan pendidikan melalui jalur PMDK di Fakultas Dirasat Islamiyyah (FDI) UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 2003. Tahun 2005, Ustadz Adi Hidayat mendapatkan kesempatan melanjutkan pendidikan di Kulliya Dakwah Islamiyyah di Tripoli, Libya.

Di sana, Ustadz Adi Hidayat belajar lebih insentif tentang agama islam mulai dari Al-Qur'an, Hadits, Fiqh, Ushul Fiqh, Tarikh, Lughah, dan lain sebagainya.

Dilansir dari suara.com, Ustadz Adi Hidayat belajar bertalaqqi atau belajar mengenai Al Qur'an dengan para ulama atau Syaikh.

Para Syaikh yang dikunjunginya antara lain: Syaikh Dukkali Muhammad al-‘Alim (muqri internasional), Syaikh Ali al-Libi (Imam Libya untuk Eropa), Syaikh Ali Ahmar Nigeria (riwayat warsy), Syaikh Ali Tanzania (riwayat ad-Duri).

Sementara Syaikh Usamah dari Libya mengajarkannya  ilmu tajwid. Adapun syaikh Thanthawi Jauhari (Grand Syeikh al-Azhar) dan Dr. Bajiqni (Libya) mengajarkannya mengenai ilmu tafsir.

Ustadz Adi Hidayat juga diketahui telah Menyelesaikan pendidikan jenjang pascasarjana di Islamic Call College Tripoli, Libya. Lalu ia menyelesaikan gelar master di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

Jejak Karier Ustadz Adi Hidayat

Profil ustadz Adi Hidayat memiliki jejak karir sebagai berikut:

Pada tahun 2009, Adi Hidayat diangkat sebagai ketua dewan khatib jami Dakwah Islamiyyah Tripoli atau disebut amînul khutaba. Dengan posisi ini, Ia mempunyai berhak menentukan para khatib dan pengisi di Masjid Dakwah Islamiyyah di Tripoli, Libya.

Ustadz Adi Hidayat juga aktif di saluran televisi at-tawâshul TV Libya dalam acara tsaqafah Islâmiyyah. Di Indonesia, ustadz Adi Hidayat menjadi pengasuh Ponpes al-Qur’an al-Hikmah di wilayah Lebak bulus, Banten.

Tahun 2013, Ustadz Adi Hidayat mendirikan Quantum Akhyar Institute, sebuah lembaga bimbingan dan kajian Islam di Bekasi, Jawa Barat.

Karya Ustadz Adi Hidayat

Berikut beberapa karya tulis Ustadz Adi Hidayat:

  • Minhatul Jail Bita Rifi Arudil Khalil (Pengantar kaidah puisi arab, 2010)
  • Quantum Arabic Metode Akhyar (Cara cepat belajar bahasa Arab, 2011).
  • Marifatul Insan: pedoman al-Qur'an menuju insan paripurna (2012).
  • Makna ayat puasa, mengenal kedalaman bahasa Al-Qur'an (2012).
  • Al-arabiyyah lit Thullabil Jami'ah Praktis (2013).
  • Tuntunan Praktis IduL Adha (2014) dan lain sebagainya.
  • Demikian informasi singkat tentang profil ustadz Adi Hidayat.

Kontributor: Mutaya Saroh

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait