alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cara Merawat Rosemary Sampai Subur dan Tidak Mudah Mati

Pebriansyah Ariefana Jum'at, 10 September 2021 | 14:05 WIB

Cara Merawat Rosemary Sampai Subur dan Tidak Mudah Mati
Rosemary. (Shutterstock)

Rosemary selain dikenal sebagai tanaman herbal dan tanaman hias, rupanya sering dimanfaatkan juga sebagai bumbu masakan.

SuaraBekaci.id - Cara merawat Rosemary sampai subur. Rosemary merupakan tanaman hias berasal dari Mediterania yang juga dikenal sebagai tanaman herbal.

Rosemary selain dikenal sebagai tanaman herbal dan tanaman hias, rupanya sering dimanfaatkan juga sebagai bumbu masakan.

Sebagai tanaman hias dari keluarga Lamiaceae, rosemary memilik banyak manfaat.

Selain itu, perawatannya juga cukup mudah. Lantas, bagaimana cara merawatnya?

Baca Juga: 7 Jenis Tanaman Hias yang Minim Perawatan, Cocok Buat Anda yang Sibuk

Cara Merawat Tanaman Rosemary

1. Jangan memberikan terlalu banyak air

Merawat tanaman rosemary, pertama-tama pastikan untuk tidak memberikan terlalu banyak air pada tanaman ini.

Sebab, memberikan air yang terlalu banyak menyebabkan tanaman herbal ini mudah busuk atau berjamur, terutama pada bagian akarnya.

Oleh karena itu, pastikan lakukan penyiraman dengan tepat setidaknya 3 kali seminggu secara rutin agar tanaman ini dapat tumbuh subur dan kuat.

Baca Juga: Ekspose Tanaman Hias di Cianjur, Mentan: Industri Florikultura Perlu Dukungan Inovasi

2. Menggunakan media tanam tepat

Untuk media tanamnya, jika ingin menyimpan rosemary di dalam ruang, kamu bisa menggunakan media tanam gabah mentah tanpa dicampur bahan apapun.

Selain itu, bisa juga dicampur dengan tanah biasa. Kalau tidak, dapat pula menggunakan media tanam poros berupa campuran sekam bakar, sekam mentah, sekam, dan sedikit cocopeat.

Namun, perlu diingat, hindari memberi terlalu banyak air pada tanaman ini karena akan berpengaruh pada proses perkembangan tanaman.

3. Cukup mendapatkan sinar matahari

Melansir dari channel YouTube Aneka Flora, agar tanaman rosemary mampu tumbuh optimal butuh paparan sinar matahari secara terus-menerus. Maka dari itu, sebaiknya letakan rosemary di area dengan pencahayaan sinar matahari cukup.

4. Lakukan pemangkasan

Agar tanaman rosemary tumbuh kuat dan subut, dianjurkan untuk melakukan pemangkasan secara berkala jika cabang-cabangnya sudah rimbun. Jika ada bagian yang mati atau layu, pangkas segera agar tak menyebar pada bagian tanaman lainnya.

5. Pemupukan

Cara perawatan berikutnya yang akan membuat tanaman rosemary tumbuh subur dan kuat, yaitu dengan melakukan pemupukan. Untuk pemupukan, setidaknya lakukan sebulan sekali.

Untuk mencegah munculnya hama atau kutu pada daun rosemary, kamu melakukan penyemprotan pestisida nabati pada tanaman ini, setidaknya sebulan dua kali.

(Ulil Azmi)

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait