alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Survei Capres 2024: Gatot Nurmantyo dan Rocky Gerung Imbang

Antonio Juao Silvester Bano Senin, 19 April 2021 | 08:52 WIB

Survei Capres 2024: Gatot Nurmantyo dan Rocky Gerung Imbang
Gatot Nurmantyo soal KLB Demokrat dan Moeldoko (Instagram/Nurmantyo_Gatot).

Hasil survey Gatot Nurmantyo dan Rocky Gerung berada di atas sejumlah tokoh. Di antaranya, Rizal Ramli, Refly Harun hingga Habib Rizieq Shihab.

SuaraBekaci.id - Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dan Rocky Gerung menduduki posisi teratas dalam survei elektabilitas calon presiden (Capres) Indonesia 2024 dari tokoh oposisi. Keduanya memiliki perolehan suara yang sama, 13,7 persen.

Hasil survey Gatot Nurmantyo dan Rocky Gerung berada di atas sejumlah tokoh. Di antaranya, Rizal Ramli, Refly Harun hingga Habib Rizieq Shihab.

Adalah lembaga survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia atau KedaiKOPI yang merilis survei terkait dengan tokoh capres Indonesia dari kategori tokoh oposisi.

Dilansir dari Terkini.id -- jaringan Suara.com, survei tersebut dilakukan secara nasional di 34 provinsi pada 29 Maret hingga 4 April 2021 dengan melibatkan sebanyak 1.260 responden. Metode survei dilakukan dengan wawancara melalui sambungan telepon.

Baca Juga: Sidang Kerumunan Habib Rizieq Kembali Digelar, Ini Agendanya

Lembaga survei KedaiKOPI memberikan pertanyaan kepada respoden dan dipilih satu orang nama tokoh oposisi yang disebut layak menjadi capres.

Gatot Nurmantyo dan Rocky Gerung memiliki elektabilitas 13,7 persen. Kemudian, disusul Rizal Rizal Ramli 12,6 persen, Refly Harun 12,4 persen dan Mardani Ali Sera 11,6 persen.

Pendiri lembaga survei KedaiKOPI, Hendri Satrio menjelaskan, survei dilakukan dengan beberapa klasifikasi kriteria dan kategori. Sebab menurutnya calon pemimpin di Indonesia banyak pilihan.

Jika kriterianya diubah, kata dia, maka hasil survei juga akan berubah.

Ia memberi contoh bahwa dari segi pertanyaan top of mind, Prabowo Subianto mendapat elektabilitas 24,5 persen sedangkan Gatot Nurmantyo 0,2 persen. Namun, pada kategori tokoh oposisi, Gatot Nurmantyo mendapat elektabilitas 13,7 persen.

Baca Juga: Meski Dilarang, Rocky Gerung Prediksi Mudik Besar-besaran Akan Terjadi Lagi

Hal itu disampaikan Hendri dalam konferensi pers bertajuk 'Peluncuran Hasil Survei Calon Pemimpin 2024: Banjir Tokoh Menuju 2024' yang disiarkan di YouTube Survei KedaiKOPI, Senin, 12 April 2021.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait