facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan

Antonio Juao Silvester Bano Selasa, 13 April 2021 | 17:50 WIB

Tips Mengatur Keuangan Selama Bulan Ramadhan
ILUSTRASI Tips mengatur keuangan selama ramadhan. (Shutterstock)

Perencana Keuangan Lolita Setyawati membagikan tips untuk mengatur keuangan selama bulan Ramadhan

SuaraBekaci.id - Perencana Keuangan Lolita Setyawati membagikan tips untuk mengatur keuangan selama bulan Ramadhan. Dia membagikan tips keuangan agar ibadah di bulan suci Ramadhan berjalan aman dan nyaman.

Dilansir dari Antara, setidaknya terdapat sebanyak empat dari 10 orang di Indonesia yang mengalami kesulitan mengatur keuangan selama Ramadhan. Khususnya di tengah berlangsungnya pandemi Covid-19.

Lolita Setyawati mengatakan, tips pertama untuk mengatur keuangan yang harus dilakukan yakni membuat daftar prioritas sesuai kebutuhan.

Dia menjelaskan, dengan daftar prioritas maka kita dapat mengetahui perbedaan kebutuhan dan keinginan. Hal itu dapat mengantisipasi untuk melakukan belanja tidak terduga sepanjang Ramadhan.

Baca Juga: Diawasi Satpol PP dan Polisi, Pasar Takjil Benhil Tampak Sepi

Tips yang kedua adalah mempersiapkan dana ekstra untuk kebutuhan tambahan. Misalnya keinginan untuk bersedekah atau membagikan Tunjangan Hari Raya (THR) kepada keluarga walau tidak dapat berjumpa karena adanya larangan mudik akibat Covid-19.

Lolita menyatakan,dana ekstra tersebut harus disiapkan sebelum Ramadhan tiba. Namun belum terlambat untuk memulai dari sekarang sebelum perayaan lebaran berlangsung.

Ketiga yaitu belanja di awal agar lebih hemat. Karena, seringkali harga kebutuhan pokok meningkat pada momen keagamaan seperti masa Ramadhan.

Belanja lebih awal akan membuat ada menghemat. Karena dilakukan sebelum terjadinya lonjakan harga makanan dan minuman.

Terakhir yaitu, siapkan menu makanan dan minum sebelum sahur dan buka puasa karena dapat mengendalikan diri untuk tak implusif serta menghemat pengeluaran.

Baca Juga: Kerja PNS Kota Bogor Selama Ramadhan Sampai Pukul 14.30 WIB

"Di samping itu juga audit kulkas jangan dilupakan karena kebiasaan ibu- ibu itu suka nyetok nah itu lebih baik diaudit sehingga tidak ada bahan makanan yang terbuang sia- sia dan dapat digunakan secara maksimal," tandasnya.(Antara)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait